UP45 Laksanakan Program Pelatihan dan Sharing Diskusi Manajemen dan Keekonomian Persampahan

UP45 Laksanakan Program Pelatihan dan Sharing Diskusi Manajemen dan Keekonomian Persampahan

Tim Pengabdian Masyarakat UP45 bersama Mahasiswa pada Senin 4 Desember 2023, telah melaksanakan program pelatihan dan sharing diskusi tentang Manajemen dan Keekonomian Persampahan di KSM Pilah Berkah, Depo Pawiyatan. Dalam kesempatan tersebut, hadir M.Noviansyah Aridito,M.Sc., dan Dr. Andriya Risdwiyanto, S.E., M.Si beserta Mahasiswa dari Teknik Lingkungan dan  Manajemen hadir memberikan Pelatihan di Pengelolaan Sampah kawasan. Dr. Andriya selaku narasumber menyampaikan konsep manajemen pengelolaan sampah,aspek kelayakan pengelolaan sampah hingga aspek keekonomian serta permasalah finansial dalam pengelolaan sampah, salah satu dari hasil sharing dengan KSM Pilah Berkah yakni berkaitan dengan Sumber Finansial dari sumbernya melalui EPR (Extended Producer Responsibility) dan model konsep seperti cukai pada rokok sebagai beban biaya pengolahan sampah, sehingga biaya persampahan  menjadi lengkap meliputi biaya pengangkutan dan biaya pengolahan. Tanggungjawab bersama antara Pemerintah, Konsumen, dan Produsen menjadi salah satu kunci Sustainabilitas dari sisi finansial pengelolaan sampah.Selain itu juga di bahas standar minimal berkaitan TPS3R dan Bank Sampah agar layak secara ekonomi dan sustainable.

Hadir dari KSM Pilah Berkah direktur Ibu Yekti Murwani yang mengucapkan terimakasih kepada Tim Pengabdian UP45 dan Kemendikbud DPRTM Ristekdikti yang telah memberikan bantuan pendanaan melalui Program PKM yang berjudul ” Pemanfaatan Teknologi Pencuci Asap dan Bioblock Kompos untuk Meningkatkan Nilai Ekonomi dan Lingkungan pada Produksi Pengolahan Sampah Terpadu di KSM Pilah Berkah”.

“Hari ini adalah rangkaian pelatihan yang ketiga untuk penguatan aspek manajemen, ekonomi pemasaran dan industri/ produksi bersih sekaligus Serah Terima Alat dan Program, harapannya kita perwakilan dari UP45 akan selalu memberi kontribusi nyata pada kelestarian lingkungan melalui jalur seperti ini (red: penelitian)” ujar M.Noviansyah Aridito,M.Sc. Selaku ketua Tim Pengabdian Masyarakat UP45,