Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
The University of Petroleum

UP45 Selenggarakan Pelatihan dan Diskusi Manajemen Kearsipan

  05 September 2019

Bagikan postingan ini

Memahami pentingnya manajemen kearsipan maka Fakultas Ekonomi Universitas Proklamasi 45 (UP45) bekerjasama dengan PUM Netherlands Senior Expert menggelar Pelatihan sekaligus Diskusi Manajemen Kearsipan pada hari Sabtu, 13 Juli 2019, pukul 10.00-13.00wib di Ruang Seminar Gedung Sukarno, Kampus UP45, Jl. Proklamasi No 1 Babarsari Sari, Depok, Sleman, Yogyakarta. Acara bertajuk: “Discussion on International Office Affairs “Development of Archival Science and Archives Management” How to adapt/ adjust the conventional to electronic archival management, menghadirkan narasumber Mrs. Danielle Kraakman- Frederik Muller Academie Amsterdam.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor III Muhammad Ali Sukrajap, SE., MBA sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi UP45 bekerjasama dengan PUM Neterlands Senior Expert melalui KUI UP45. Ali berkata “arsip merupakan pusat ingatan setiap organisasi, apabila arsip yang dimiliki organisasi kurang baik pengelolaannya, maka akibatnya akan mempengaruhi tingkat reputasi suatu organisasi sehingga organisasi yang bersangkutan akan mengalami hambatan dalam pencapaian tujuan. Selain itu dengan manajemen arsip yang baik maka informasi yang dimiliki, dapat menghindarkan salah komunikasi, mencegah adanya duplikasi pekerjaan dan membantu mencapai efisiensi kerja,” tambahnya. Selain itu Ali menyambut baik kegiatan ini lantaran banyak pimpinan fakultas, diantaranya Dekan Fisipol Dra. Bening Hadilinatih,MSi, Dekan Hukum Sukirno,, SH, MH, Dekan Psikologi Dra Muslimah Zahro, M.PSi, Kaprodi Psikologi Eny Rohyati,SPSi,MPsi, Ketua KPM Drs. Bambang Sugeng,MM dan pimpinan unit lainnya turut hadir.

Terkait kegiatan ini, Dekan Fakultas Ekonomi UP45 Dra. Eny Sulistyowati,MM mengatakan kegiatan ini tidak hanya ditujukan bagi pihak internal UP45 akan tetapi ditujukan untuk siapa saja yang tertarik dan ingin mendapatkan pengetahuan  tentang manajemen kearsipan sebagai bagian integral yang tidak terpisahkan dalam setiap pekerjaan. Menurut Eny Sulistyowati “Dalam rangka pelaksanaan kegiatan, arsip mempunyai arti yang sangat penting, yaitu untuk menyusun rencana program kegiatan berikutnya. Karena dengan arsip, dapat diketahui bermacam-macam informasi yang sudah dimiliki, sehinggga dapat ditentukan sasaran yang akan dicapai, dengan menggunakan potensi yang ada secara maksimal.”

Direktur Kantor Urusan Internasional UP45 Rr. Putri Ana Nurani,SS,MM mengatakan bahwa acara ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa ekonomi saja, tetapi seluruh mahasiswa yang tertarik. Bahkan mahasiswa asing asal Timor Leste, Thailand dan Afrika turut hadir.  Mahasiswa baru UP45 berasal dari Thailand Mr. Habib Husasan mahasiswa Teknologi Informasi dan Mrs. Arkaedah mahasiswa baru Fakultas Ekonomi turut hadir.

Salah satu peserta mahasiswa asing Modou Jonga yang merupakan ketua Asosiasi Mahasiswa Afrika di Yogyakarta mengatakan “saya sangat senang dengan kegiatan ini karena banyak ilmu yang didapat. Hari ini saya membawa serta teman teman saya diantaranya Cletus Solomon, Ebrima Jonga, Gilbert Gutabaga, Godlove Elioth Kiswaga, Isatou L Touray, Jean Nsengiyumva, Manding Suso, dan Musa Abubakari. Mahasiswa-mahasiswi tersebut berasal dari berbagai universitas di Yogyakarta.

Ditempat yang sama, pihak PUM yang diwakili oleh SR Yunastuti Daud,SE,MA, selaku local representative PUM menyampaikan tentang organisasi PUM Neterlands Senior Expert adalah lembaga yang dibentuk di Lembaga Swasta/ Yayasan pensiunan dan dibiayai oleh Pemerintah Belanda dibawah Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Perindustrian. Bekerja bersama pensiunan entrepreneurs (pengusaha) sukses dengan pengalaman lebih dari 30 tahun dalam bisnis. Organisasi sukarelawan yang membantu entrepreneurs di negara berkembang dengan memberikan rekomendasi dan saran. PUM Netherlands expert sudah 37 tahun berdiri, tersebar ke 70 negara berkembang di seluruh dunia dan mencakup 75 bidang. Dan kali ini PUM Neterlands Senior Expert bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi UP45 melalui Kantor Urusan Internasional UP45. Acara diskusi manajemen kearsipan ini dipandu oleh moderator Habib Abdillah Nurusman,ST, M.Sc, M.Eng dosen yang sekaligus merupakan asisten Wakil Rektor bidang II.

Dalam kesempatan tersebut acara diikuti oleh pimpinan, staf dan karyawan bagian kearsipan di UP45, perwakilan dari bagian kearsipan universitas di DIY, para pengelola perpustakaan, TBM di Yogyakarta serta mahasiswa, dosen, staf, karyawan atau masyarakat umum yang tertarik dengan topic bahasan ini. Bahkan turut hadir pula berbagai mitra organisasi ataupun mitra bisnis, dan perwakilan mahasiswa asing dari berbagai universitas di Yogyakarta.