KUI & FAKULTAS TEKNIK UP45 MENGGELAR SEMINAR DAN WORKSHOP “IMPLEMENTATION WASTE TO ENERGY TECHNOLOGY FOR YOGYAKARTA, RENEWABLE ENERGY MIX ACHIEVEMENT”

KUI & FAKULTAS TEKNIK UP45 MENGGELAR SEMINAR DAN WORKSHOP “IMPLEMENTATION WASTE TO ENERGY TECHNOLOGY FOR YOGYAKARTA, RENEWABLE ENERGY MIX ACHIEVEMENT”

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta (UP45), dalam upaya memberikan kesadaran, pemahaman dan upaya meningkatkan sumber daya manusia melalui berbagai kegiatan termasuk menggelar seminar dan workshop. Adapun acara berlangsung pada hari Kamis, 14 November 2019, bertempat di Gedung Sukarno, Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta, Jl. Proklamasi No 1 Caturtunggal, Babarsari, Depok, Sleman Yogyakarta. Tema yang diangkat: “Implementation Waste to Energy Technology for Yogyakarta, Renewable Energy Mix Achievement”. Menghadirkan narasumber Prof. DR. Ir Theo van der Meer dari Universitas Twente Belanda.

Dekan Fakultas Teknik Syamsul Maarif ,ST,MEng  mengatakan “Indonesia dituntut untuk mampu menghadirkan dan menggunakan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) untuk ketahanan energi yang berkelanjutan. Tantangan dunia kedepan dalam hal pemenuhan kebutuhan energi dan keharusan menciptakan alternatif  Renewable Energy atau Energi Baru Terbarukan (EBT) memacu UP45 untuk terus mengembangkan ilmu pengetahuan. Permasalahan sampah yang masih perlu perhatian khusus kita semua juga mendorong UP45 terus berinovasi dengan prinsip waste to energy.” KUI UP45 bekerjasama dengan Fakultas Teknik dimana terlibat dalam kegiatan tersebut Teknik Mesin, Teknik Industri dan Teknik Lingkungan, untuk  menciptakan berbagai inovasi. Beberapa inovasi tersebut bahkan telah memiliki hak paten.

Dalam kesempatan tersebut, Kantor Urusan Internasional Universitas Proklamasi 45 (KUI UP45), Fakultas Teknik UP45 bekerjasama dengam Lembaga PUM Netherlands Senior Expert yaitu sebuah lembaga yang bergerak dibidang pendampingan oleh Expert (ahli) yang merupakan pensiunan ahli dari negara Belanda. Dari kerjasama tersebut, UP45 melalui PUM Netherlands Senior Expert mendatangkan ahli/pakar bidang energi dan lingkungan ke Indonesia yang akan berkegiatan di UP45 sejak tanggal 03 November 2019 sampai dengan 16 November 2019.

Acara diikuti oleh hampir 200 peserta dimana banyak yang berasal dari mahasiswa, dosen, pemerhati lingkungan, pemerintah daerah, pemerintah kecamatan, DLH (Dinas Lingkungan Hidup), perwakilan TPSR. Dalam kesempatan tersebut diberikan penyerahan piagam kepada narasumber Prof Theo Van der Meer, SR Yunanstuti Daud, dan kenang kenangan kepada Pemerintah Kecamatan, sekaligus perwakilan TPSR3 Kalasan. Animo peserta begitu besar, terbukti setiap termin pertanyaan penanya begitu banyak. Acara diikuti dari berbagai prodi, berasal dari dosen baik dari UP45 maupun UPN Veteran, Akprind, ITY, dan berbagai mitra organisasi.