Prof. Dr. Asmadi Alsa Hadiri Stadium Generale Fakultas Psikologi UP45

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta mengadakan acara Stadium Generale yang bertemakan “Implementasi Psikologi Pendidikan dalam Pembelajaran” menghadirkan Prof. Dr. Asmadi Asla sebagai pemateri dari Psikologi Pendidikan UGM. Acara ini khususnya diikuti seluruh mahasiswa dan dosen fakultas psikologi. Acara ini diawali dengan sambutan dari Ibu Wakil Rektor II UP45 dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Dekan dan Kaprodi Fakultas Psikologi, Doa serta acara intinya yakni mengenai Stadium General.

Saat mengisi pembicaraan di stadium generale Fakultas Psikologi UP45 Yogyakarta beliau banyak berbagai pengalaman serta ilmu yang beliau punya. Tidak hanya hanya itu, beliau mengajak para mahasiswa yang hadir khusunya agar menumbuhkan kreativitas dengan bercerita. Isi dari pembicara disampaikan mengenai psikologi sebagai ilmu yang mempelajari perilaku dan proses mental individu.

Psikologi dapat berperan dimanapun sepanjang di sana ada individu dan penerapan teori psikologi dalam setting pendidikan menjadi kajian dari psikologi pendidikan. Psikologi pendidikan yang diterima secara luas adalah definisi yang di dalamnya melibatkan aplikasi psikologi pada kajian perkembangan, belajar, motovasi, pembelajaran, dan isu-isu apapun yang berkaitan yang terjadi dalam setting pendidikan. Mengajar bukan sekedar memindahkan ilmu yang dimiliki oleh guru kepada siswa yang diajar. Mempelajari dan menerapkan psikologi pendidikan dalam pembelajaran membuat pendidik bukan hanya mampu menyampaikan informasi pengetahuan dan ketrampilan (skills) secara lebih efektif, tapi juga mampu menanamkan nilai-nilai (values) dan sikap.