Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
The University of Petroleum

Ketika Artis Berbicara Generasi Pembaharu

  01 Agustus 2016

Bagikan postingan ini

Diskusi dan Tanya jawab dalam kalangan mahasiswa bukanlah hal yang baru. Mahasiswa yang kental disebut sebagai agen perubahan sudah selayaknya peka terhadap persoalan yang dihadapi oleh masyarakat sekitarnya. Mengangkat fenomena yang terjadi dalam kehidupan masyarakat dan memunculkan solusi cerdas dalam sebuah diskusi merupakan suatu hal yang mutlak untuk dilakukan oleh mahasiswa.

Mahasiswa Universitas Proklamasi (UP) 45 Yogyakarta yang tumbuh dalam kejumudan berpikir tak mau ketinggalan dari tradisi diskusi. Pada kamis (19/05/2016), mahasiswa UP 45 menggelar diskusi publik menghadirkan Aris Kurniawan, salah satu artis Nasional dengan Indra Wahyudi, M.Si., salah satu Dosen Fakultas Psikologi UP 45.

Acara diskusi dengan mengundang Artis sebagai pembicara merupakan suatu ide kreatif mahasiswa untuk membuat suasana lebih menarik. Nur Hadi, salah satu dosen yang menjadi pelopor Mahasiswa untuk mengadakan acara ini menyatakan bahawa diskusi dengan mengundang Artis sebagai pembicara merupakan upaya meningkatkan minat dan semangat mahasiswa. “kalau diskusi yang menjadi pembicara dosen, kaum intelektual, itu biasa. Tapi kalau kita mengundang artis untuk menjadi pembicara kan lebih menarik?” demikian kata Nur Hadi pada Selasa (10/05/2016), ketika dirinya ditanya mengenai diskusi tersebut.

Diskusi yang bertempat di ruang seminar UP 45 itu mengangkat tema “Membangun Generasi Pembaharu”. Pada kesempatan itu, Aris bersama Indra memaparkan seperti apa generasi pembaharu dan bagaimana seharusnya untuk menjadi generasi pembaharu. Menurut Aris, generasi pembaharu tidak harus orang istimewa. Siapapun mampu asal mempunyai kemauan. “untuk menjadi generasi hebat yang membawa perubahan positif untuk sekitarnya tidak harus anak orang kaya, tidak harus anak orang hebat. Siapapun bisa asal punya kemauan,” kata Aris di tengah-tengah pemaparannya. Aris juga menyampaikan motivasi agar mahasiswa memiliki semangat yang tinggi. Tidak perlu minder atas kekurangan yang dimiliki, sebab yang menjadi penentu kesuksesan itu kemauan diri seseorang.

Acara yang diselenggarakan di ruang seminar Gedung Soekarno UP 45 itu dihadiri oleh mahasiswa UP 45 dari berbagai jurusan, dosen dan karyawan. Para peserta tampak antusias mengikuti acara hingga selesai.(T.S)