Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
The University of Petroleum

Field Trip 2015 Prodi Teknik Perminyakan UP45

  12 Desember 2015

Bagikan postingan ini

Kuliah Lapangan Geologi yang dilaksanakan sabtu, 5 desember 2015 mulai pukul 07.00 – selesai  diikuti oleh mahasiswa angkatan 2015 berjumlah 51 orang dan 11 pembimbing dari Program Studi Teknik Perminyakan. Kuliah lapangan geologi dimaksudkan untuk memperkenalkan kepada mahasiswa mengenai beberapa fenomena geologi. Kegiatan ini meliputi pemerian atau deskripsi dan penamaan batuan, pengukuran jurus dan kemiringan batuan, pengenalan struktur goelogi serta membuat sketsa.

Kegiatan ini dimaksud untuk lebih memahami aplikasi mata kuliah dan praktikum geologi dasar, sedangkan tujuannya adalah supaya mahasiswa mampu memahami dan melakukan setiap tahapan program kegiatan di lapangan secara sistematis, terarah dan terukur.

Kuliah lapangan geologi ini si laksanakan di dua tempat yaitu, pertama, Dusun Kalisonggo, Desa Pendowerjo, kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo dengan tiga lokasi pengamatan. Untuk pengamatan batulempung, batubara instrusi basalt dan breksi yang tersingkap di daerah kalisongo, terletak  sekira 25 Km sebelah Barat Kota Yogyakarta. Daerah ini berada di lereng timur pegunungan Kulon Progo.

Sedangkan yang kedua bertempat di Kecamatan Berbah dengan 1 lokasi pengamatan. Lokasi ini merupakan salah satu dari 9 situs geoheritage yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Geoheritage adalah warisan geologi yang terbentuk secara alami dan memiliki nilai sangat tinggi dan luar biasa karena mempresentasikan rangkaian rekaman proses geologi yang sangat berhubungan, sehingga secara keilmuan merupakan bagian penting dari sejarah dinamika bumi.  Di lokasi ini dapat dilakukan pengamatan lava bantal dan perlapisan batu pasir, terletak sekira 10 KM sebelah Timur Kota Yogyakarta.

Berita Terkait

Duta Energi Bukanlah Sekedar Simbolisasi
31 Mar 2018 12:24:19 WIB