Audiensi dengan Otorita IKN: UP45 dan BRIDA Kukar Bahas Serapan Tenaga KerjaLokal

Tim Peneliti Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta bersama Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur melakukan kunjungan dan audiensi ke Otorita Ibu Kota Nusantara dalam rangka kajian mengenai Dampak Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) Terhadap Daya Serap Tenaga Kerja Lokal Di Kabupaten Kutai Kartanegara (13/05/2024). Tim Peneliti Universitas Proklamasi 45 yang hadir adalah Dr. Wahyu Eko Prasetyanto, SH., MM., Ana Riana, SH., MH. (Rian), Muhammad Noviansyah Aridito, S.Pd., M.Sc., dan Febriyanti Angelia Ginting, S.Pd., M.Sc. Turut hadir tim BRIDA Kabupaten Kutai Kartanegara Maman Setyawan, ST., MT (Kepala BRIDA), Dr. H. Tulus Sutopo, S.Pd., MM.Pd. (Kabid Sosial Budaya BRIDA Kab. Kukar) dan staf BRIDA. Tim UP45 dan BRIDA diterima oleh Jacky Habibie, ST, MT. (Pejabat Fungsional Madya Direktorat Pelayan Dasar Otorita IKN) dan tim.

Rian selaku ketua tim peneliti menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan memotret dampak pembangunan IKN terhadap Daya Serap Tenaga Kerja Lokal dan mengidentifikasi peluang-peluang. Rian berharap kajian ini dapat memberikan manfaat sebagai dasar pembuatan regulasi bagi Kabupaten Kutai Kartanegara dan memberi masukan kepada IKN. 

Dalam kesempatan yang sama, Jacky menyampaikan sangat mengapresiasi sekali dan terima kasih atas kunjungannya. “Ini merupakan diskusi permulaan dan kami berharap dari ini semua dijadikan bahan masukan memperkaya khasanah dari penelitian yang sedang dilakukan. Kami juga berharap dari penelitian itu bisa komprehensif mencakup semua perspektif dari upaya kita bersama untuk bagaimana menyeimbangkan supply dan demand penyediaan tenaga kerja khususnya yang ada di IKN maupun yang ada di wilayah-wilayah mitra IKN. Kami berharap penelitian ini nanti bisa memberikan satu buah masukan dalam rangka kebijakan yang lebih besar khususnya di IKN” tutup Jacky.