Webinar Series “Strategi Efektif Menghadapi Bullying di Lingkungan Dewasa” Sukses Digelar

Yogyakarta, 16/05/2024 – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (P3AP2) Provinsi DIY, bekerjasama dengan Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 (UP45), sukses menyelenggarakan webinarbertajuk “Strategi Efektif Menghadapi Bullying di Lingkungan Dewasa”. Acara ini merupakan bagian dari Webinar Peningkatan Kualitas Keluarga Series#2 dan dihadiri oleh lebih dari 400 peserta dari berbagai dinas, instansi, lembaga pendidikan, serta organisasi di lingkungan Pemerintah DIY.

Webinar dibuka pada pukul 09.00 WIB dengan sambutan dari Zuli Murpuji Astuti, S.S, M.Si., Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak, yang mewakili Kepala Dinas P3AP2 Provinsi DIY. Dalam sambutannya, Zuli menegaskan pentingnya kolaborasi antar lembaga untuk menciptakan lingkungan yang bebas dari bullying dan mendukung kesejahteraan psikologis. “Harapan kami, webinar seperti ini bisa menjadi bahan belajar dan evaluasi dalam mewujudkan kualitas keluarga yang memiliki ketahanan yang tangguh. Lebih lanjut kolaborasi antar lembaga menjadi penting,” ujar Zuli.

Narasumber Utama

Webinar ini menghadirkan dua narasumber utama:

1. Septi AmbarwatiM.Pd.Si, Founder Komunitas Peduli Bullying dan Inisiator Bullying Corner, yang membahas “Strategi Menghadapi Bullying di Lingkungan Dewasa”. Septi menjelaskan bahwa bullying tidak hanya terjadi di sekolah tetapi juga di lingkungan kerja dan organisasi. Ia menguraikan istilah-istilah penting seperti hostile (perilaku bermusuhan), mobbing (komunikasi tidak etis berulang), dan hazing (intimidasi oleh kelompok senior). Septi juga menyoroti dampak psikologis yang ditimbulkan oleh bullying serta strategi untuk mengatasinya, seperti menciptakan iklim kerja yang kondusif, membentuk budaya kerja yang positif, dan menerapkan regulasi yang efektif.

2. Ayu Gigih Rizqia, M.Psi.,Psikolog, Psikolog dan Dosen Fakultas Psikologi UP45, yang menyampaikan materi tentang “Membangun Budaya Organisasi yang Supportif”. Ayu mengidentifikasi penyebab bullying di tempat kerja, seperti professional jealousy, rasa insecure, dan budaya organisasi yang buruk. Ia menekankan pentingnya membangun budaya organisasi yang positif untuk meningkatkan kinerja dan kesejahteraan psikologis anggota tim. Langkah-langkah membangun budaya positif yang ia sarankan meliputi pembentukan nilai-nilai positif, kepercayaan antar-anggota, empati, komunikasi asertif, dan evaluasi berkelanjutan.

Izzah A. Rahmah, Psikolog dan Dosen Psikologi UP45, bertindak sebagai moderator acara, memfasilitasi diskusi yang aktif antara narasumber dan peserta. Antusiasme peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan dan diskusi mengenai kasus-kasus bullying di lingkungan dewasa. Topik ini dianggap sangat relevan karena bullying di lingkungan dewasa seperti keluarga, tempat kerja, dan masyarakat masih sering terjadi namun jarang mendapat perhatian.

Melalui webinar ini, Dinas P3AP2 Provinsi DIY dan Fakultas Psikologi UP45 berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengidentifikasi, mencegah, dan melaporkan kasus bullying. Webinar ini juga bertujuan untuk memberdayakan korban dengan memberikan dukungan yang mereka butuhkan. Dengan edukasi dan kolaborasi yang berkelanjutan, diharapkan tercipta lingkungan yang lebih aman dan nyaman bagi semua individu.