UP45 Adakan Webinar NFT : Embracing A New Era of Digital Technology dalam Rangka Dies Natalis

UP45 Adakan Webinar NFT : Embracing A New Era of Digital Technology dalam Rangka Dies Natalis

Pada Rabu, (10/8/2022) Prodi Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Proklamasi 45 menyelenggarakan Webinar melalui aplikasi Zoom Meeting dengan tema NFT : Embracing A New Era of Digital Technology dalam rangka memeriahkan Dies Natalis UP45 ke 58. Webinar ini bertujuan untuk memberikan wawasan bagi mahasiswa dalam menyongsong era global.

Hadir dalam Webinar ini Benedictus Renny See SH., SE., MH., selaku Rektor Universitas Proklamasi 45, Ardy Wicaksono, M. Kom selaku Dosen Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Proklamasi 45, dosen-dosen dan mahasiswa di lingkungan Proklamasi 45. Webinar ini juga menghadirkan pembicara Okki Soebagio, Founder atau Chief Executive Officer (CEO) Purpose Art Pte Ltd.

Rektor Universitas Proklamasi 45, Dr Benedictus Renny See SH, SE, MH mengatakan webinar ini akan memberikan wawasan bagi mahasiswa dalam menyongsong era global. Kehadiran teknologi informasi telah mengubah tatanan kehidupan masyarakat. “Saya berharap setelah mengikuti webinar ini mahasiswa bisa menangkap dan memanfaatkan peluang di era globalisasi,” kata Benedictus.

Ardy Wicaksono selaku Dosen Teknologi Informasi Universitas Proklamasi 45 mengatakan NFT adalah sebuah token digital. NFT merupakan aset digital yang telah menarik minat investasi masyarakat Indonesia dalam hal mata uang kripto. NFT digunakan sebagai bukti kepemilikan barang yang dapat dibeli dengan mata uang kripto. Barang yang dapat dibeli meliputi beragam media, mulai dari karya seni, klip video, musik, dan sebagainya. Selain itu, NFT juga umumnya muncul dalam format digital, seperti Joint Photographic Experts Group (JPEG), Portable Network Graphics (PNG), Graphics Interchange Format (GIF), dan lainnya.

Sedangkan Okki Soebagio, menjelaskan teknologi blockchain muncul kira-kira 10 tahun yang lalu. Teknologi blockchain ini mencatat transaksi online di server-server terdistribusi. Sifat transaksi tidak bisa dihapus, dan tidak bisa dimodifikasi. “Jadi apa yang sudah terjadi pasti akan tercatat,” kata Okki.

Menurut Okki, teknologi blockchain begitu unik dan powerfull. “Saya melihat kelahiran blockchain ini seperti saya melihat kelahiran internet. Saya bisa melihat potensinya mau kemana. Teknologi blockchain ini sangat fundamental untuk berbagai macam aplikasi. Siapa pun mau belajar, dia bisa belajar online semua materi yang kamu butuhkan,” jelas Okki.