UP 45 Laksanakan PJJ dengan UMU Buton

UP 45 Laksanakan PJJ dengan UMU Buton

Program Studi Administrasi Publik Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta bekerja sama dengan Universitas Muslim Buton (UMU Buton). Hal ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman. Proses penandatanganan ini berlangsung di Ruang Pertemuan UP 45 (08/04/2021). Kegiatan ini dihadiri oleh Febriyanti A. Ginting, S.Pd., M.Sc., selaku Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama UP 45, Syamsudin, S.Pd, M.A., selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UP 45, dan Bresca Merina, S.IP., M.Ec Dev., selaku Kaprodi Administrasi Publik.

Bentuk kerja sama dari penandatanganan MoU ini adalah Pembelajaran Jarak Jauh yang merupakan program Kemendikbud. Ada 4 mata kuliah yang ditawarkan, yaitu Kewirausahaan, Desentralisasi dan Otonomi Daerah, E-Government dan E-Service, serta CSR dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia. Keempat mata kuliah tersebut diampu oleh dosen-dosen Administrasi Publik UP45. Harapannya, kerjasama ini dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, dalam hal ini mahasiswa dalam menghadapi persaingan global.

Menurut Wakil Rektor I UMU Buton, Dr. Anidi, S.Ag., M.Si., M.S.I., umur UMU Buton memang masih muda, yaitu lahir pada tanggal 20 Mei 2019. Namun, UMU Buton memiliki visi dan misi mengembangkan Sumber Daya Manusia berakhlakul karimah, berdasarkan entrepreneurship. Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan SDM, maka UMU Buton melakukan regulasi penguatan melakukan kebijakan Permendikbud Nomor 3 tentang 2020 tentang kurikulum yang dikeluarkan oleh Menteri Nadiem Makarim, yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Menurutnya, UMU Buton telah menggunakan kurikulum tersebut, yaitu melalui kerja sama ini.