Prodi Teknik Mesin UP45 Laksanakan Akreditasi

Prodi Teknik Mesin UP45 Laksanakan Akreditasi

Perguruan Tinggi dituntut untuk meningkatkan mutu pendidikan di era yang semakin kompetitif. Hal tersebut guna memperkuat eksistensi serta keberlanjutan lembaga pendidikan dalam menyiapkan generasi unggul. Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta terus mendorong kualitas layanan pendidikannya untuk memberikan hasil terbaik bagi masyarakat. Hal ini dinilai dari Akreditasi. Akreditasi merupakan salah satu bentuk penilaian (evaluasi) kelayakan dan mutu perguruan tinggi atau program studi yang dilakukan oleh organisasi atau badan mandiri di luar Perguruan Tinggi.

Dalam rangka penilaian dan kelayakan mutu Program Studi, Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta melaksanakan akreditasi selama dua hari yaitu pada tanggal 2-3 Februari 2022. Akreditasi dilaksanakan di Ruang Auditorium PLN Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Program Studi Keteknikan, Dr. Ir. Isradi Zainal, MT., MH., MM., DESS., IPU., ASEAN Eng. dan Prof. Dr.-Ing. Ir. Nasruddin, M. Eng.

Tujuan dan manfaat akreditasi program studi Teknik Mesin adalah memberikan jaminan bahwa program studi terakreditasi dan telah memenuhi kriteria mutu yang ditetapkan oleh LAM Teknik sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat atas penyelenggaraan program pendidikan yang tidak memenuhi kriteria. Tujuan dan manfaat lainnya adalah mendorong Perguruan Tinggi, UPPS, dan PS untuk terus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi, serta hasil akreditasi dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam transfer kredit, usulan bantuan dan alokasi dana, serta mendapat pengakuan dari badan atau instansi yang berkepentingan.