Pembekalan KKN UP45 Tahun 2023

Pembekalan KKN UP45 Tahun 2023

Kamis, (13/07/2023) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Proklamasi 45 mengadakan Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tema “Menumbuhkan Socio-techno-preneurship untuk Mewujudkan Desa Eduwisata Caturharjo, Kabupaten Sleman”. Pembekalan dilaksanakan secara hybrid, yaitu secara online melalui zoom meeting untuk peserta KKN alternatif dan secara langsung untuk peserta KKN tematik yang bertempat di Ruang Auditorium PLN Universitas Proklamasi 45.

Hadir dalam pembekalan Rektor Universitas Proklamasi 45 Dr. Benedictus Renny See, S.H., S.E., M.H., Dr. Nuralam, SE., M. Si., selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Febriyanti Angelia Ginting, S.Pd., M.Sc., selaku Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama, Muhammad Novinsyah Aridito, S.Pd., M.Sc., selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Proklamasi 45, Dr. Andriya Risdwiyanto, S.E., M.Si., selaku Ketua Panitia KKN, Agus Sutanto selaku Lurah Caturharjo, tamu undangan dari PT Indo Asia Solution, dosen pembimbing lapangan, dan mahasiswa Universitas Proklamasi 45 pelaksana KKN 2023.

Pembekalan yang disampaikan berkaitan dengan mekanisme teknis pelaksanaan KKN, teknik atau metode komunikasi pelaksanaan KKN, teknik penyusunan program kerja KKN, dan wawasan kehidupan sosial budaya masyarakat Kalurahan Caturharjo.

Muhammad Novinsyah Aridito, S.Pd., M.Sc., selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Proklamasi 45 dalam sambutannya menyampaikan bahwa mahasiswa perlu menjaga sikap dan tata krama krama.

“Kami berharap rekan-rekan dapat menjaga nama baik Universitas Proklamasi 45 karena kita akan terjun ke masyarakat. Satu hal yang penting adalah bagaimana rekan-rekan mahasiswa bisa bersilaturahmi, berkolaborasi dengan masyarakat, lalu meninggalkan kesan yang baik”, tutur Dito.

Hal yang senada disampaikan oleh Dr. Benedictus Renny See, S.H., S.E., M.H., selaku Rektor Universitas Proklamasi 45 dalam sambutannya, “Mahasiswa perlu menjaga nama baik kampus dan menciptakan suasana yang membuat masyarakat merasa nyaman dan bangga bahwa UP45 adalah universitas yang tidak hanya mendidik secara keilmuan, tapi juga moral integritas”.

Dr. Andriya Risdwiyanto, S.E., M.Si., selaku Ketua Panitia KKN menyampaikan dalam paparannya bahwa KKN adalah sebagai salah satu wujud nyata kepada masyarakat sekaligus kepada bangsa dan negara.

“KKN UP45 akan dilaksanakan pada tanggal 1-31 Agustus 2023. Dari 9 prodi, terdapat 233 jumlah peserta yang mendaftar yang terdiri dari 3 jalur, yaitu tematik berjumlah 141 mahasiswa, alternatif berjumlah 72 mahasiswa, dan konversi (yang masih menunggu verifikasi). Untuk KKN tematik, akan melaksanakan KKN di Kalurahan Caturharjo yang tersebar di 19 padukuhan. Sedangkan untuk KKN alternatif akan melaksanakan KKN di Bantul, Gunung Kidul, dan Klaten”, tutup Andriya.