UP45 Gelar Bedah Buku Aspek Hukum Administrasi Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta sebagai The University of Petroleum yang fokus terhadap kompleksitas pada industri minyak dan gas senantiasa memfasilistasi civitas akademik untuk mengupgrade ilmu pengetahuan, olehkarena itu Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UP45 menyelenggarakan kegiatan bedah buku Aspek Hukum Administrasi Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi karya Didik S Setyadi. Kegiatan ini mendapat sambutan postif oleh Dekan Fisipol UP45, Dr Bening Hadilinatih M.Si menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan positif bagi civitas akademik UP45 untuk menambah pengetahuan khususnya mengenai hukum administrasi.

“Buku ini sebagai pengantar untuk mengetahui aspek hukum administrasi khususnya pada kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi, mengingat kegiatan ini tidak sedikit dilakukan di Indonesia”, ujar Didik sebagai penulis buku pada Rabu pagi, 21 Agustus 2019. Didik menjelaskan bahwa dalam bukunya, ia juga membahas ruang lingkup kegiatan eksplorasi dan eksploitasi migas sebagai penjelasan awal untuk memahami hukum administrasi. Buku ini dilengkapi dengan lampiran peraturan-peraturan yang menjadi dasar kegiatan tersebut.

Acara bedah buku yang diselenggarakan oleh Fisipol UP45 menghadirkan dua reviewer yaitu Sukirno, S.H.,M.H (Dekan Fakultas Hukum UP45) dan Edward Bot, S.Phil (Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UP45) dan dimoderatori oleh Syamsyudin, MA (Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UP45).

Reviewer menyambut baik hadirnya buku Aspek Hukum Administrasi Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi karya Didik S Setyadi, sebab buku ini dapat menjadi bahan belajar para civitas akademika UP45. “Buku ini mengantarkan kita dan mahasiswa untuk memahami dan mendalami hukum administrasi pada kegiatan usaha hulu minyak dan gas, yang sesuai dengan background UP45 sebagai The University of Petroleum” ungkap Sukirno.