Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
The University of Petroleum

Tingkatkan Pengetahuan dalam Bidang Teknologi, UP45 Gelar Seminar “Advanced Robotics and Optical Technology in Surgery

  28 Oktober 2019

Bagikan postingan ini

“Tingkatkan pengetahuan dalam bidang teknik, biologi dan kedokteran, dan tingkatkan kesehatan manusia melalui kegiatan lintas disiplin yang mengintegrasikan ilmu-ilmu teknik dengan ilmu-ilmu biomedis dan praktik klinis. Demikian tadi cuplikan dari apa yang disampaikan Prof.Dr.Ing.Azhar Zam dari Universitas Basel dalam pemaparannya saat memberi seminar di Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta, Indonesia.

Universitas Basel sendiri adalah salah satu Universitas tertua di Eropa, dan sebagai universitas tertua di Swiss (didirikan pada tahun 1469). Basel memiliki sejarah yang kaya dan menarik dalam pengajaran dan penelitian selama lebih dari 550 tahun. Universitas ini memiliki 7 fakultas dengan 374 profesor dan memiliki 12.873 siswa serta mahasiswa doktor di mana 55,1 persen adalah perempuan.

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh tanggal 28 Oktober 2019, Fakultas Teknik, Program studi Teknologi Informasi dan Teknik Industri  Universitas Proklamasi Yogyakarta (UP45) The University of Petroleum menggelar Seminar berjudul “Advanced Robotics and Optical Technology in Surgery“. Acara yang diinsiasi oleh Kantor Urusan Internasional ini melibatkan Buddies UP45 yang berasal dari HMTech (Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi), dan HMTI (Himpunan Mahasiswa Teknologi Industri). Dalam sambutannya Ketua Panitia Tariq El Fathi Al Amin, “berterimakasih atas kehadiran Rektor UP45 dalam hal ini diwakili wakil rektor, pimpinan fakultas dan program studi, dosen, karyawan, mahasiswa. Selain itu berterimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada narasumber .Dr.Ing.Azhar Zam dari Universitas Basel yang sudah berkenan untuk hadir dan memberikan materi. Selanjutnya Direktur Kantor Urusan Internasional UP45 Rr.Putri Ana Nurani,SS,MM dalam sambutannya mewakili Wakil Rektor III Bidang Kerjasama dan Pemasaran Muhamad Ali Sukrajap, SE, MBA mengatakan bahwa acara yang digelar pada hari Senin, 21 Oktober 2019 pukul 09.30-12.00wib ini,merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan untuk membangun kerjasama dengan mitra organisasi atau universitas lain baik dari dalam maupun luar negeri. Menariknya kali ini KUI UP45 menggandeng Buddies UP45 yang notabene masih duduk di Semester 1 untuk menyelenggarakan kegiatan.

Seminar UP45 yang menghadirkan narasumber Prof.Dr.Ing. Azhar Zam, Assistant Professor, Department of Biomedical Engineering Faculty of Medicine University of Basel, Switzerland, Head of Biomedical Laser and Optics Group (BLOG), bertempat di Gedung Sukarno A 101-103, Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta,  Jl. Proklamasi No 1 Babarsari Caturtunggal Depok Sleman Yogyakarta, Indonesia. Dipandu oleh moderator Andre Prasetya Nugroho, S.Si, M. Sc.

Diaspora Ristekdikti Prof.Dr. ing. Azhar Zam dari University of Basel Switzerland, menguraikan secara lengkap bagaimana Perkembangan serta Penggunaan Teknologi Medical Laser dan Optics. Dalam seminarnya Azhar mengatakan saat ini penggunaan teknologi Laser dan Optics sudah sangat berkembang di dunia medis khususnya di luar negeri. Hal ini dikarenakan tingkat efesiensi dan kepraktisan dalam penggunaan teknologi tersebut yang sangat membantu tenaga medis dan mempersingkat waktu pemulihaan pasien. Indonesia dapat mengimplementasikan teknologi kesehatan terkait Laser dan Optics, karena akan sangat membantu masyarakat khususnya membuat lebih efisien serta mempersingkat waktu.

Prof Azhar menambahkan “Teknologi laser dan optic ini sangatlah membantu kita didunia medis, selain mempermudah pekerjaan Tenaga medis, teknologi ini mampu mempersingkat pasien untuk pemulihan. Hal ini dikarenakan dalam teknik laser dan optic tidak membutuhkan teknik pembedahaan konvensional”. Akses terhadap teknologi ini tergantung kebijakan dari Rumah Sakit di Indonesia. Diharapkan kedepan peneliti dan akademisi di Indonesia diharapkan dapat mengembangkan Teknologi Medical Laser dan Optics sebagai salah satu alternatif dalam metode medis khususnya di bidang Surgery (Operasi), dapat mengimplementasikan teknologi kesehatan terkait Laser dan Optics, karena akan sangat membantu masyarakat khususnya membuat lebih efisien serta mempersingkat waktu. Selain para pimpinan fakultas,pimpinan program studi, kepala unit, dosen, karyawan, mahasiswa, turut hadir pula perwakilan dari berbagai universitas seperti Universitas Islam Indonesia, Universitas PGRI, Universitas Atmajaya. Dalam kegiatan tersebut sekaligus dilakukan Launching Perdana Program studi Teknologi Informasi dan Teknik Industri Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Dalam sambutannya Kaprodi Teknologi Informasi Muchamad Malik, ST, M.Sc, M.Eng menyampaikan tentang visi misi program studi sekaligus bagaimana kiprah dari mahasiswa berprestasi di tingkat regional maupun nasional. Bukan itu saja melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa pada khususnya mendapatkan contoh atau teladan terbaik sosok pemuda diaspora yang mampu berkiprah di kancah internasional. Antusiasme peserta luar biasa, terbukti banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan berbobot. Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Rektor I Syamsul Maarif, ST, M.Eng, Kaprodi Teknik Industri Enda Apriyani, ST, M.Eng, Ass.Warek III Febriyanti Ginting, S.Pd, M.Sc, Lukman Hakim, S.Kom, MT. Acara seminar ini didukung oleh Mama Mart dan Panin Dai ichi life.