Studi Lapangan Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi UP45 Yogyakarta

16 Jun 2017 10:38:09 WIB
Telah dibaca 196x

Selain belajar teori di dalam ruangan, mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta juga dibekali praktek di lapangan. Studi lapangan ini untuk melihat praktek koperasi secara nyata di lapangan.

Studi lapangan ini merupakan mata kuliah Manajemen Koperasi dan UKM berada di bawah bimbingan Bapak M. Ali Sukrajab, SE., MBA. Kegiatan ini dilaksanakan di KUD-KSP Tani Makmur, Madukismo, Bantul dan Koperasi Pasar Gemah Ripah pada tanggal 6 Juni 2017.

 

1. KUD-KSP Tani Makmur, Madukismo, Bantul

Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta yang mengikuti studi lapangan ini merupakan mahasiswa semester 6. Ali mengatakan maksud dari diadakannya studi lapangan ini agar mahasiswa dapat mensinkronkan antara teori dan studi kasus yang dibahas di kelas dengan praktek rill di lapangan. Beliau juga berharap mahasiswa semakin mencintai koperasi dan ikut ambil bagian dalam mengembangkan koperasi. Baik melalui kegiatan akademik seperti penelitian, skripsi, maupun praktek magang. Ke depannya, ada mahasiswa Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta yang menjadi praktisi di bidang perkoperasian.

Di koperasi Gemah Ripah, peserta studi lapangan disambut hangat oleh Wawan Abu Hasan (Sekretaris Koperasi). Beliau sangat senang atas kunjungan mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Mahasiswa Prodi Manajemen berkesempatan meninjau instalasi Biogas dari bahan baku sampah buah (buah yang sudah busuk) yang dioperasikan untuk listrik di pasar.

 

2. Koperasi Pasar Gemah Ripah

Dalam kunjungannya, peserta studi lapangan ini juga disambut hangat oleh Drs. S. Sujiman AP (Wakil Ketua KUD-KSP), Dra. Irawati handayani (Sekretaris KUD-KSP) dan S Mei Atun (Bendahara KUD-KSP). Mereka berharap banyak mahasiswa yang melakukan kajian, penelitian, dan kegiatan studi lainnya mengenai koperasi agar koperasi dapat berkembang. KUD-KSP Tani Makmur membuka kesempatan kepada para mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta untuk melakukan penelitian dan magang di KUD-KSP Tani Makmur. (FAG)

Berita Terkait

Yogyakarta – Senin, 07 Agustus 2017 Universitas Proklamasi 45 (UP45) sukses menyelenggarakan s...

Explorasi merupakan kegiatan penting dalam industri energi pada umumnya dan khususnya industri minya...

Berita Terbaru

Energy Management and Governance Institute UP 45 (EMGI UP45) mengadakan kegiatan bedah buku dan disk...

Musabaqoh Tilawatil Qur’an Mahasiswa Tingkat Nasional (MTQMN) XV Tahun 2017 merupakan MTQ MN T...

Dalam rangka meningkatkan mutu perguruan tinggi, Direktorat Penjaminan Mutu, Direktorat Jenderal Pem...

Agenda

13
Sep
2017
14
Sep
2017