PKKMB 2019, MERENCANAKAN MASA DEPAN GENERASI UNGGULAN BERSAMA UP 45

Upaya memberikan bekal awal agar mahasiswa kelak menjadi alumni perguruan tinggi yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, serta berdaya saing global maka Universitas Proklamasi 45 (UP45) Yogyakarta menyelenggarakan program Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Materi yang diberikan bertujuan memperkenalkan, mempersiapkan, dan mengakselerasi mahasiswa baru dalam proses transisi mahasiswa yang sadar akan hak dan kewajibannya.

Kegiatan yang dibuka oleh Rektor UP45, Ir. Bambang Irjanto, MBA., memuat penjelasan antara lain tentang sistem pendidikan tinggi mencakup kegiatan akademik dan kemahasiswaan serta kebijakan kampus, materi bela negara, radikalisme, penyalahgunaan narkoba, sehingga diharapkan dapat mendukung keberhasilan studi para mahasiswa. Rangkaian acara dilaksanakan pada 5 – 7 September 2019.

Perguruan tinggi tidak hanya membekali mahasiswa dari segi keilmuan, namun juga terciptanya pembentukan karakter khususnya nilai integritas, moral, etika, kejujuran, kepedulian, tanggung jawab dan kedisiplinan dalam kehidupan di kampus dan masyarakat. Demikian pentingnya pengembangan potensi diri dan peningkatan kemampuan berkomunikasi, berorganisasi dan bekerjasama dengan orang lain (interpersonal skills) serta penumbuhkan minat berwirausaha (entrepreunership), maka agar sesuai dengan visi UP45 dalam kegiatan PKKMB terdapat sesi motivasi.

Mahasiswa merupakan sumber daya manusia yang potensial, dengan pendampingan yang tepat maka akan lebih mampu menghadapi persaingan yang sangat ketat. Penting bagi setiap mahasiswa memiliki motivasi untuk menjadi pribadi yang efektif dalam menghadapi kegiatan belajar di lingkungan kampus dan persiapan karir. “Kemampuan yang harus terus dikembangkan berupa kecakapan dalam pengelolaan emosi, menjalin relasi, hingga keterampilan spiritual”, jelas Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi.,M.A., selaku motivator dalam kegiatan PKKMB.

Mahasiswa baru juga mengikuti program MBTI yaitu psikotes yang dirancang untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam melihat dunia dan membuat keputusan. Tes ini juga untuk melihat karakter kepribadian mahasiswa baru sehingga tim kemahasiswaan dan biro psikologi dapat mengarahkan mahasiswa baru sesuai minat dan kemampuannya. Tujuan dengan mengetahui minat dan kemampuan akan lebih memudahkan mahasiswa mengikuti proses perkuliahan dan berbagai aktivitas yang menunjang prestasi. Mahasiswa UP 45 selanjutnya akan diberikan sertifikat pendamping ijazah yang tersertifikasi untuk memudahkan mahasiswa mendapat pekerjaan baik dari magang maupun pelatihan kerja. Bagi mahasiswa yang ingin berwirausaha, UP45 akan memberikan mentoring hingga mahasiswa dapat membuka lapangan usaha.

Universitas Proklamasi 45, The University of Petroleum, sebagai satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki visi untuk menyelenggarakan pendidikan dengan fokus pada bidang Energi dan Migas. sejak berdiri hingga tahun 2019 Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta telah meluluskan ribuan sarjana muda negara.  Sejak tahun 1964-2019 Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta menyelenggarakan jenjang  pendidikan strata 1 (S1) di 5 (Lima) Fakultas. Alex Kamal Hasan, S.P., selaku Ketua Panitia PKKMB UP45 Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi mensukseskan acara PKKMB, mulai dari persiapan hingga selesainya seluruh rangkaian kegiatan.