Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
The University of Petroleum

Pembekalan Kepulangan Mahasiswa Asing UP45

  04 September 2019

Bagikan postingan ini

Kantor Urusan Internasional Universitas Proklamasi 45 (UP45) Yogyakarta mengadakan Pembekalan Kepulangan Mahasiswa Asing Tahun 2018/2019. Acara yang berlangsung pada hari Kamis, 28 Maret 2019 pukul 09.00-12.00 WIB bertempat di Gedung Sukarno 101-102A, Jl Proklamasi No 1 Babarsari Caturtunggal Depok Sleman Yogyakarta. Acara bertema “Stories Around The Heart: Myths, Legends and Epics” digelar untuk memperingati Hari Dongeng Internasional. Tidak sekedar memberikan inspirasi bagi peserta melalui berbagai cerita yang disampaikan oleh narasumber, tapi peserta dapat memaknai apa yang disampaikan oleh narasumber tidak sekedar makna implisit  tetapi eksplisit. Bahwa cerita atau dongeng Indonesia bersifat luhur dan memiliki berbagai filosofi dan moral teaching bagi siapapun. Acara ini diikuti oleh calon wisudawan yang berasal dari Timor Leste, ketua himpunan mahasiswa dan  ketua UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) UP45.  Hadir dalam kesempatan tersebut Pimpinan universitas, fakultas dan program studi. Suasana haru memecah ketika Kaprodi Teknik Mesin Heribertus Sukarja,ST,MEng secara spontan menyanyikan lagu Harapan Orang Tua.

Pembekalan yang diikuti oleh wisudawan yang berasal dari Timor Leste ini dan juga dihadiri oleh seluruh Ketua Himpunan Unit Kegiatan Mahasiswa UP45. Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa yang akan diwisuda bulan April nanti mereka siap untuk terjun ke dunia kerja, mampu bersosialisasi dengan baik di masyarakat, menjadi alumni yang memiliki kompetensi, kecakapan unggul. Alumni yang cerdas dan kompetitif (cerdas dalam artian spiritual, intelektual, sosial dan emosional , dan kinestetik). Sedangkan kompetitif sendiri berarti menjadikan alumni memiliki semangat juang tinggi, mandiri, pantang menyerah, inovatif, produktif, sadar mutu, dan berorientasi global.

Salah satu alumni Natalino Bere Da Costa Alves calon wisudawan dari Timor Leste ini menempuh perkuliahan di Fakultas Teknik Program studi Teknik Perminyakan dalam waktu 3,5 tahun. “Dosen yang dengan sabar memberikan ilmu pengetahuannya, sehingga kami dapat menyelesaikan studi dengan baik”. Sehingga dari proses pembelajaran yang ada mahasiswa sudah dididik dan disiapkan untuk mampu bertahan di era persaingan yang semakin hari semakin ketat. Salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas kepribadian calon sarjana yang berorientasi masa depan maka diadakan acara pembekalan kepulangan mahasiswa asing yang dikemas dalam kegiatan sharing motivation hasil kerjasama antara Kantor Urusan Internasional Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta dengan Panin Dai-Ichi Life.

Acara yang dikemas secara menarik, partisipatif edukatif interaktif entertainment ini juga  juga untuk pengembangan softskill/hardskill agar calon Sarjana lebih siap terjun ke dunia kerja mampu berkarya di masyarakat, serta para alumni lebih mencintai almamaternya dengan lebih tangguh dalam menghadapi tantangan masa depan.

Metode penyampaian materi yaitu dengan mengajak para mahasiswa sebagai peserta untuk terlibat secara interaktif. Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Ibu Dewi Handayani H., S.Psi, MPsi., selaku Wakil Rektor II UP45. Para narasumber yang hadir dan membagi ilmu serta pengalamannya yaitu Bapak Drs. Anton Eknaton, M.Hum., selaku perwakilan dari Panin Dai-Ichi Life, Bapak Syamsul Maarif, ST., MEng., selaku Wakil Rektor I UP45, Ibu DR. Arundati Shinta, MA., Dosen Psikologi UP45, Ibu Rr. Putri Ana Nurani, SS., MM., selaku Direktur KUI UP45 dan Bapak Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi., MA., Dosen Psikologi UP45. 

Acara semakin meriah dengan game menghadapi persaingan dunia kerja yang dipimpin oleh ibu Shinta. Sharing pengalaman meniti karir oleh Bapak Eknaton yang sangat inspiratif serta harapan potensi calon wisudawan dalam menghadapi dunia kerja yang dijelaskan oleh Ibu Putri. Info tentang berbagai prestasi UP45 yang sangat membanggakan pada jajaran universitas di tingkat nasional dipaparkan secara jelas oleh Bapak Syamsul Maarif.

Adapun motivasi untuk menjadi pribadi efektif dalam menghadapi tantangan dan karir berupa pengelolaan emosi, kemampuan menjalin relasi, hingga keterampilan spiritual dalam dunia kerja. Karakter yang harus terus dikembangkan agar mampu menjadi pribadi yang efektif terdiri dari 5 point penting, yaitu (1) Berani menampilkan potensi diri yang positif (2) Mampu melihat peluang. (3) Mampu bersyukur. (4) Berprestasi secara jujur. (5) Memiliki energi positif. Demikian dijelaskan secara reflektif dengan contoh yang aplikatif oleh Fx. Wahyu Widiantoro.

Harapan setelah mengikuti acara yaitu terbangunnya motivasi bagi calon wisudawan dan mahasiswa untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Termotivasi untuk mengembangkan kultur smart people. Terbentuknya pemahaman mengenai pentingnya memiiki mind set tangguh, inovatif, dan motivasi untuk berkarya di masa depan. Paham akan pentingnya spiritual skill dalam membangun karir, ungkap Berkati Gaho selaku perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Psikologi UP45.

Kesuksesan pembekalan kepulangan mahasiswa asing international affairs of Proklamasi 45 University The University of Petroleum, yang terlaksana pada hari Kamis, 28 Maret 2019 di Gedung Sukarno, Kampus UP45, diharapkan sebagai upaya nyata mendampingi mahasiswa serta calon wisudawan mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat.