Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
The University of Petroleum

Peduli Dampak Corona, Biro Psikologi UP45 dan Komunitas Psikologi Action Kita Galang Dana

  10 Mei 2020

Bagikan postingan ini

Biro Psikologi UP45 bersama Komunitas Psikologi Action Kita berkomitmen melakukan penggalangan dana bagi masyarakat tidak mampu yang tidak dapat melakukan aktivitas dan kesulitan mencari nafkah akibat dampak covid 19. Dari dana yang terkumpul dibelikan sembako dan 50 pack nasi box yang dibagikan kepada 36 KK. Pembagian sembako dan nasi box ini dilakukan pada 10 april 2020 di Dusun Gemawang dan Pogung Rejo Kelurahan Sinduadi, Kecamatan Mlati, Sleman, Yogyakarta.

Sapta Kurniawati, M.Psi selaku dosen dan tim Biro Psikologi UP45 menjelaskan bahwa proses pembagian sembako dan nasi box dilakukan secara bertahap untuk menghindari kerumunan masyarakat pada saat penerima bantuan. Program physical distancing tetap harus ditegakkan untuk menjaga diri, orang lain dan lingkungan walaupun pada saat pembagian sembako penerima donasi terlihat belum konsisten dengan penggunaan masker dan physical distancing.

Sapta menambahkan bahwa virus corona yang semakin mewabah terus menerus berdampak pada semua dunia usaha dan masyarakat terkena imbasnya. “Program lockdown yang dilakukan oleh masyarakat dengan harapan meminimalisir penyebaran virus corona jika tidak disertai dengan pemenuhan kebutuhan pokok tidak akan efektif”, tambah Sapta. Menurut Sapta langkah ini masih belum bisa ditegakkan masyarakat secara maksimal dan harus terus disosialisasikan kepada masyarakat dengan media online dan sosial.

“Biro psikologi UP45 dan Komunitas Psikologi Action Kita akan terus menggalang donasi melalui kuliah online yang akan dilakukan 1-2 pekan sekali hingga wabah covid 19 berakhir. Semoga bantuan kecil ini mampu membuat senyum penerima donasi dan pemberi donasi. Berbagi itu memang indah dan membahagiakan” tutup Sapta.