Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
The University of Petroleum

Menjawab Berbagai Problematika Guru Dalam Melaksanakan Penelitian, Seminar Fakultas Psikologi UP45

  14 Januari 2019

Bagikan postingan ini

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta kembali mengadakan Seminar di Ruang Seminar UP45, Minggu (16/12/2018). Tema seminar kali ini lebih fokus pada problem yang dihadapi oleh guru dan mahasiswa dalam melakukan sebuah penelitian. Adapun tema seminarnya adalah “Menjawab Berbagai Problematika Guru Dalam Melaksanakan Penelitian”. Bertujuan untuk menambah pengetahuan guru dan juga mahasiswa tentang persoalan penelitian.

Turut hadir dalam acara seminar ibu Dra. Elli Nurhayati, M.PH, PhD dan bapak Drs. Indra Wahyudi. M.Si sebagai narasumber, serta sejumlah guru dari berbagai sekolah dan mahasiswa dari berbagai kampus sebagai peserta. Seminar dibuka Ningnurani selaku panitia, kemudian Rektor Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta Ir. Bambang Irjanto, MBA memberikan sambutan.

Saat menjelaskan materi, ibu Dra. Elli Nurhayati, M.PH, PhD mengatakan bahwa dalam melaksanakan penelitian harus memiliki motivasi yang tinggi. Motivasi bisa jadi hal sederhana tapi dapat mendorong seorang peneliti untuk membangun suatu pengetahuan serta dapat berkontribusi melakukan pemecahan masalah, sebagaimana hakikat dalam sebuah penelitian pada umumnya.

Lebih khusus dijelaskan oleh bapak Drs. Indra Wahyudi, M.Si yang menyatakan bahwa materi seminar ini dapat menjadi jawaban atas problematika guru dalam melakukan penelitian terutama guru yang sudah bersertifikasi. Hal terpenting dalam bagi seorang guru dalam melakukan penelitian adalah aspek pengembangan pembelajaran. Terlebih pembelajaran yang bersentuhan langsung dengan aktivitas penelitian. Tujuannya adalah untuk memperkaya pengetahuan guru sebagai pengajar dan siswa sebagai objek yang menerima pembelajaran.

Menanggapi seminar tersebut, Berkati Gaho selaku peserta seminar, mengungkapkan bahwa materi yang dipaparkan oleh narasumber dapat menjadi sebuah dorongan kepada guru untuk meningkatkan kompetensi sebagai pengajar, dan bagi mahasiswa materi seminar ini menambah wawasan baru tentang penelitian yang dapat menjadi bekal dalam melakukan sebuah penelitian, baik dalam menyelesaikan tugas kuliah, maupun pada saat penelitian karya tulis ilmiah.

Acara seminar diisi dengan tarian tradisional Jawa yang dibawakan oleh tiga penari professional dari Kulong Progo, Yogyakarta.

Berita Terkait

MENGGAMBAR BEBAS DI KAMULAN SCHOOL
24 Feb 2016 11:27:37 WIB