Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
The University of Petroleum

Mahasiswa Prodi Manajemen UP45 Ikuti Kuliah Daring, Tingkatkan Kreatifitas

  01 November 2017

Bagikan postingan ini

Sistem Pembelajaran Daring Indonesia atau biasa disingkat SPADA Indonesia adalah salah satu program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk  meningkatkan pemerataan akses terhadap pembelajaran yang bermutu di Perguruan Tinggi. Dengan sistem pembelajaran daringnya, SPADA Indonesia memberikan peluang bagi mahasiswa dari satu perguruan tinggi tertentu untuk dapat mengikuti suatu mata kuliah tertentu dari perguruan tinggi lain dan hasil belajarnya dapat diakui sama oleh perguruan tinggi dimana mahasiswa tersebut terdaftar.

Fakultas Ekonomi Universitas Proklamasi 45 melalui kerjasama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia menjalin kuliah daring, Sistem perkulihan daring (online) ini memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi (TI) dalam dunia pendidikan, khususnya pendidikan tinggi di Indonesia. Melalui kerjasama ini sejumlah 43 mahasiswa Program Studi Manajemen UP45 pada angkatan 2015 mengikuti perkuliahan ini, mata kuliah yang diambil yaitu mata kuliah perilaku kewirausahaan.

Untuk menjadi Enterpreunership, mahasiswa Universitas Proklamasi 45 dibekali dengan perpaduan antara ilmu yang didapatkan melalui kuliah di Fakultas Ekonomi UP 45 dengan materi kuliah secara daring dengan Prodi Manajemen UI, Melalui hasil wawancara tim PR dengan mahasiswa Prodi Manajemen UP45, mahasiswa menyampaikan hal-hal yang mereka dapati selama mengikuti kuliah ini, kuliah daring yang didapatkan melalui website resmi FE UI dan dapat diakses hanya bagi peserta yang memiliki username dan password yang diberikan oleh FE UI.

Sugeng, salah satu mahasiswa prodi manajemen UP45 yang mengikuti kegiatan ini menyampaikan bahwa kuliah daring ini sangat menarik mulai dari materi sampai pada proses pelaksanaannya, namun kesulitan dihadapi bersama teman-teman mahasiswa lainnya yaitu materi yang disajikan menggunakan Bahasa inggris, sehingga mereka harus menterjemahkan dulu agar mudah dipelajari. Walaupun ribet namun hal ini membangkitkan semangat dan motivasi kami untuk memecahkan solusi dari tiap materi yang diberikan, lanjutnya.

Mahasiswa yang mengikuti kuliah daring ini dibimbing langsung oleh Pak Djoko Wijono dan Ibu Eny Sulistyowati yang merupakan dosen sekaligus kaprodi manajemen UP45. Eny menyampaikan bahwa konten pembelajaran kuliah daring ini dibuat setara dengan Universitas Indonesia, berbasis Bahasa inggris dan mampu memancing kreatifitas mahasiswa dalam melihat peluang di dunia enterpreuner. Eny berharap nantinya mahasiswa yang dibekali melalui kuliah ini mampu mengembangkan kreatifitas diri untuk membuka peluang usaha untuk meningkatkan kesejahteraan. (GS)

 

sumber gambar

Berita Terkait