Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
The University of Petroleum

Mahasiswa Perlu Persiapkan Perencanaan Keuangan Untuk Studi dan Masa Depan

  18 Mei 2018

Bagikan postingan ini

Seminar Perencanaan Keuangan dan Sosialisasi Pembiayaan Studi yang diadakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Proklamasi 45 dilaksanakan di Ruang Seminar UP45 (9/5). Wakil Rektor Bidang III, Mohamad Ali Sukrajap, S.E., M.B.A menyapa langsung sekaligus membuka kegiatan Seminar ini. Seminar bertema Perencanaan Keuangan dan Sosialisasi Pembiayaan Study ini menghadirkan 3 (tiga) narasumber yaitu Bagus Panuntun, MBA, CWM, CFP, CSA seorang Business Coach IBISMA UII, Co-Founder of MMUGM Daily dan Co-Founder of  Kapok lombok Resto, Pradipta Nugrahani Putri, Mortgage Customer & Marketing Bank BTN Yogyakarta, dan Dra. Eny Sulistyowati, M.M., Kaprodi Manajemen UP45.

 

Dalam seminar yang dipandu oleh Moderator Niken Widyastuti, S.E., M.M ini berbincang mengenai bagaimana Perencanaan Keuangan Untuk Mahasiswa dilakukan dengan bijak dengan anggapan mahasiswa adalah Anak Jaman Now (Gen-Z) dimana Dia Ingin Menjadi Pengambil Keputusan Untuk Dirinya Sendiri. Dalam seminar tersebut Bagus Panuntun menyampaikan pengelolaan keuangan diperlukan tidak hanya ketika kita baru mendapatkan gaji atau uang dari trasferan orang tua kita atau hasil usaha/bisnis kita, tetapi harus dikelola mulai dari sekarang. Yang harus kita lakukan adalah memilih & memilah antara Need dan Want. Dengan pengelolaan keuangan yang baik akan membuat rencana keuangan kita menjadi lebih tertata, sehingga mimpi-mimpi keuangan kita akan lebih cepat tercapai ketimbang tanpa perencanaan. Seorang mahasiswa dapat mengidentifikasi dan juga membuat prioritas atas goal keuangan yang dimiliki, dan mengaturnya. “Amankan masa depanmu dengan jaminan biaya pendidikan dan apabila jika diperlukan, segera amankan dengan pinjaman produktif yang sudah tersedia di beberapa bank saat ini, lanjutnya.

Dari paparan tersebut dilanjutkan dengan Sosialisasi tentang Pembiayaan Study dari Bank BTN oleh Pradipta Nugrahani Putri, dimana Bank BTN saat ini memberikan fasilitas kepada para mahasiswa khususnya UP45 dalam hal pembiayaan studi.

 

Untuk lebih membekali mahasiswa UP45 Dra. Eny Sulistyowati, M.M menyampaikan tentang ”Sukses Wujudkan Impian Dengan Entrepreneur” agar mahasiswa dapat mewujudkan kemampuan dan kemantapan jiwa wirausahanya untuk menghasilkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Eny juga menambahkan, mahasiswa sukses adalah mahasiswa yang selalu menpunyai dan menemukan ide atau gagasan untuk pengembangan karirnya dan jika mahasiswa tersebut mempersiapkan diri untuk menjadi seorang entrepreneur sukses, maka kreativitas dan inovasi adalah kuncinya.

(NW/GS)