Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
The University of Petroleum

LPPM UP45 Menyelenggarakan Seminar Hasil dan Evaluasi Poster Penelitian Dosen Pemula

  10 Desember 2018

Bagikan postingan ini

Senin (03/12) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta telah menyelenggarakan Seminar Hasil dan Evaluasi Poster Penelitian Dosen Pemula. Acara ini diselenggarakan di Ruang Pertemuan Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta, dimulai pukul 10.00 WIB dan berakhir pada pukul 15.00 WIB. Seminar Hasil dan Evaluasi Poster ini Penelitian Dosen Pemula ini diikuti oleh 11 (sebelas) orang peneliti yang merupakan Dosen lintas Fakultas di lingkungan Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Adapun kesebelas peneliti tersebut yaitu: Dewi Handayani Harahap, Enda Apriani, Lucia Setyawahyuningtyas, Muhamad Ali Sukrajap, Muhammad Noviansyah Aridito, Nurhadi, Puguh Windrawan, Rena Juwita Sari, Syaiful Mansyur, Syamsul Ma’arif, dan Trisno Fallo. Selain kesebelas penliti, Ketua LPPM, Drs. Jemadi, M.M., beserta stafnya, Sulfi Amalia, juga ikut menghadiri sekaligus memantau pelaksanaan Seminar Hasil dan Evaluasi Poster tersebut.

Tidak berbeda dengan pelaksanaan Monev Internal bulan Oktober lalu, Reviewer Seminar Hasil dan Evaluasi Poster kali ini juga dilaksanakan oleh Dr. Bambang Jatmiko, M.Si. dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Ada beberapa kriteria penilaian dalam Seminar Hasil dan Evaluasi Poster tersebut, yang dibagi ke dalam dua bagian, yaitu :

1. Penilaian Seminar Hasil, yang memuat : ketersediaan Luaran (publikasi jurnal nasional, nasional terakreditasi, jurnal internasional terakreditasi), ketersediaan Prosiding pada seminar ilmiah, pengkayaan Bahan Ajar/Buku Ajar, serta kesiapan dan kemampuan mempresentasikan hasil.

2. Penilaian Poster, yang memuat : terpenuhinya substansi (tujuan, metode, hasil), kejelasan informasi (terbaca dan terstruktur), dan kekuatan daya tarik (tata letak, pewarnaan, dan keserasian).

Seminar Evaluasi dan Penilaian Poster ini merupakan proses penilaian akhir dari kegiatan penelitian dosen, terutama yang melakukan kegiatan Penelitian Dosen Pemula. Selama penilaian tersebut berlangsung, para peneliti mempresentasikan hasil penelitian dan memaparkan poster yang telah dibuat. Reviewer dan Ketua LPPM berkolaborasi dalam proses penginputan nilai dari hasil presentasi yang telah dilakukan oleh para penliti. Kesimpulan dari penilaian tersebut, Reviewer menyatakan bahwa secara keseluruhan, hasil penelitian dan poster dari para peneliti sudah cukup bagus, rata-rata luaran yang dihasilkan juga sudah tercapai dan sesuai dengan apa yang telah diperjanjikan di proposal dan awal melakukan penelitian. Namun demikian, juga masih ada peneliti yang memerlukan perbaikan-perbaikan terkait luaran penelitian, misalnya kesiapan penerbitan buku ajar. Namun secara keseluruhan, reviewer menilai bahwa hasil penelitian tersebut sudah cukup bagus dan perlu ditingkatkan untuk penelitian yang akan datang.

Di akhir sesi acara tersebut, Reviewer dan Ketua Peneliti mengumumkan Juara Presenter dan Poster Terbaik. Adapun hasil pengumuman tersebut yaitu : 1) Juara Presenter Terbaik diraih oleh  Syamsul Ma’arif dan Muhamad Ali Sukrajap (Juara I), Muhammad Noviansyah Aridito (Juara II), dan Rena Juwita Sari (Juara III); sedangkan 2) Juara Poster Terbaik diraih oleh Syamsul Ma’arif (Juara I), Rena Juwita Sari (Juara II), Enda Apriani dan Dewi Handayani Harahap (Juara III).

Rasa bangga dan ucapan selamat disampaikan oleh Reviewer dan Ketua LPPM kepada semua peneliti, khususnya yang menjadi juara dalam Seminar Hasil dan Evaluasi tersebut. Harapannya, semoga LPPM bisa memacu para dosen untuk melakukan penelitian sehingga jumlah penelitian dosen di lingkungan Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta semakin meningkat (S.A.)