Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
The University of Petroleum

Kunjungan Ke SLB Negeri Pembina Yogyakarta

  17 Juni 2015

Bagikan postingan ini

         Perwakilan Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 yang berjumlah 30 orang pada hari Rabu, tanggal 3 Juni 2015, pukul 08.00-13.00 WIB, berkunjung ke SLB N PEMBINA YOGYAKARTA, yang beralamatkan di Jl. Imogiri Timur No. 224 Bantul, Yogyakarta. Rombongan perwakilan Mahasiswa Fakultas Psikologi UP 45 diterima dengan hangat di Aula SLB N Pembina yang merupakan sekolah untuk anak berkebutuhan khusus terbesar di Yogyakarta. Acara di buka oleh Ibu wakil Kepala Sekolah SLB N Pembina sebagi ucapan selamat datang. Dilanjutkan kata sambutan dari Bapak Fx. Wahyu Widiantoro., S.Psi., M.A., selaku Dosen pembimbing, yang menjelaskan secara singkat tentang tujuan diadakannya kunjungan. Tujuan kegiatan kunjungan di SLB N Pembina yaitu untuk memberikan pengalaman kepada setiap mahasiswa Psikologi UP 45 tentang proses pendidikan dan bimbingan kepada siswa-siswi berkebutuhan khusus (defabel) di SLB N Pembina.

          Penjelasan profile SLB N Pembina diuraikan oleh Bapak Rejokirono, M.Pd selaku Kepala Sekolah SLB N Pembina, Yogyakarta. Kepala sekolah menjelaskan tentang visi SLB N Pembina yaitu, terwujudnya  defabel tunagrahita yang mampu berkarya, beriman dan bertaqwa”. Indikator Visi mencakup: Hidup bersih, sehat, teratur, semangat. Mampu mengurus diri dan lingkungannya. Berpartisipasi berkarya/bekerja (berkelompok). Berkarya/bekerja (individu & kelompok). Beribadah sesuai agamanya, dan berbudi pekerti luhur, sopan, santun, bermasyarakat. Beliau juga menjelaskan struktur organisasi SLBN Pembina bahwa kepala sekolah yang membawahi para stafnya dan karyawan berjumlah 88 orang. Kepala sekolah SLB N langsung bertanggung jawab kepada Dinas Dikpora DIY. Dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh komite sekolah serta tenaga ahli maupun asosiasi pengusaha.

       Pada kegiatan kunjungan ini, mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengobservasi proses belajar mengajar di kelas dan kegiatan pelatihan terkait beragam keterampilan kerja, seperti; tata busana, pertukangan kayu, otomotif, dan wawancara secara langsung dengan peserta didik dan para guru selaku pendamping di SLB tersebut. Kunjungan ke SLB N Pembina Yogyakarta memberikan wawasan baru bagi mahasiswa yang telah belajar mengenai psikologi perkembangan dan psikologi abnormal. Mahasiswa tidak hanya belajar teori keilmuan di bangku kuliah, namun berkesempatan menilik langsung bagaimana kondisi siswa-siswi berkebutuhan khusus dan mengetahu secara langsung bagaimana program pendidikan dan pembimbingan bagi siswa-siswi berkebutuhan khusus. Lewat kegiatan ini mahasiswa semakin mampu memahami pentingnya ilmu Psikologi yang mereka pelajari bagi kehidupan sehari-hari. Pada kesempatan ini, mahasiswa dapat mengetahui secara langsung kebutuhan dan permasalahan siswa-siswi berkebutuhan khusus. Mahasiswa menjadi semakin memahami bahwa yang menjadi kebutuhan utama bagi mereka adalah bekal ketrampilan hidup untuk mandiri dalam menghadapi dunia kerja. 

  

            

Sumber : Wahyu Widiantoro