Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
The University of Petroleum

Kunjungan Industri: Penjajakan Kerjasama Industri dengan PT. RUM

  09 Juni 2015

Bagikan postingan ini

Jumat, 5 Juni 2015, Telah dilakukan kunjungan industri di PT. Rayon Utama Makmur, Kabupaten Sukaharjo dalam rangka penjajakan kerjasama industri dengan fokus penyaluran magang, maupun penelitian tugas akhir bagi mahasiswa teknik. PT. Rayon Utama Makmur  (PT. RUM) adalah anak perusahaan PT. Sritex yang bergerak di bidang pembuatan bahan baku textile berupa rayon untuk bahan baku produksi PT. Sritex. Rayon atau kain rayon adalah kain terbuat dari serat hasil regenerasi selulosa. Serat yang dijadikan benang rayon berasal dari polimer organik, sehingga disebut serat semi sintesis karena bukan merupakan  serat sintetis atau serat alami yang sesungguhnya. Dalam industri tekstil, kain rayon dikenal dengan nama rayon viskosa atau sutra buatan. Kain ini biasanya terlihat berkilau dan tidak mudah kusut. Kondisi eksisting pabrik PT. RUM saat ini masih dalam tahap konstruksi dan direncanakan pada awal tahun 2016 tahap operasi sudah dapat dimulai.

Kunjungan ini dilakukan oleh pengurus fakultas teknik Universitas Proklamasi 45 (UP’ 45) yaitu Syamsul Ma’arif, M.Eng (Wakil Dekan Fakultas Teknik), Wira Widyawidura, M.Eng (Sekretaris Prodi Teknik Perminyakan), dan Guliston Abdilah, S.Si (Laboran Fakultas Teknik) dan diterima dengan baik oleh Bpk. V. Padmo Nugroho (Koordinator Workshop/Training centre PT. RUM) dan Bpk. Sunarno (Manager HRD PT. RUM).

Diharapkan output dari kerjasama ini adalah (1) mahasiswa teknik mesin mendapatkan penguasaan keterampilan di bidang pengelasan, pengoperasian dan perawatan peralatan permesinan manufaktur dan pada system power plant pabrik; (2) mahasiswa Teknik Perminyakan UP’45 mendapatkan penguasaan keterampilan di bidang penginstalasian dan perawatan perpipaan industri,  health safety and Environment (K3L), serta proses produksi. Output tambahan yang akan dicapai adalah mahasiswa peserta magang dan penelitian tugas akhir mendapatkan softskill berupa pendidikan etika dan etos kerja di industry skala internasional.

Sumber : Wira W.

\"\"