Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
The University of Petroleum

KUI & LPPM UP 45 Gelar Seminar Think Globally Act Locally

  16 November 2018

Bagikan postingan ini

Kantor Urusan Internasional Universitas Proklamasi 45 (KUI UP45) bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Proklamasi 45 (LPPM UP45) menggelar acara Think Globally Act Locally”. Acara ini digelar dalam rangka hari Pahlawan 10 November 2018, sekaligus sebagai upaya meneladani sifat, sikap dan nilai-nilai kepahlawan para pendahulu kita. Dalam kegiatan kali ini KUI UP45 dan LPPM UP45 menggelar berbagai rangkaian acara diantaranya: Sosialisasi Digital Signature; untuk Layanan Izin Belajar Bagi Mahasiswa Asing, Layanan Izin Kerja Sama, Pelaporan Kerja Sama, yang ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi Direktorat Jenderal Kelembagaan IPTEK-DIKTI disampaikan oleh Rr. Putri Ana Nurani,SS,MM dari KUI UP45. Sedangkan untuk Pembinaan Penerimaan Proposal Insentif Riset Sistem Inovasi Nasional (INSINAS) Pendanaan tahun 2019 disampaikan oleh Syamsul Maarif,ST,MEng (Wakil Rektor Bidang I UP45).

Acara berlangsung pada hari Sabtu, 10 November 2018 pukul 08.00-15.00wib di Gedung Sukarno A 101-102A. Acara diikuti oleh para dosen, karyawan dan staff, serta mahasiswa baik dalam maupun luar negeri. Putri mengatakan “Launching IB sebagai Pilot Project Digital Signature di lingkungan KEMENRISTEKDI telah dilaksanakan 10 Agustus 2018 di Surabaya. Sosialisasi Digital Signature ini digunakan untuk Layanan Izin Belajar Bagi Mahasiswa Asing, Layanan Izin Kerja Sama, Pelaporan Kerja Sama, oleh Direktorat Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi Direktorat Jenderal Kelembagaan IPTEK-DIKTI.  

Layanan Penerbitan Ijin Belajar Mahasiswa Asing misalnya, merupakan layanan rutin yang dikelola oleh Direktorat Pembinaan Kelembagaan PT, Ditjen Kelembagaan Iptek-Dikti dalam rangka penerbitan Izin Belajar bagi mahasiswa asing yang akan menempuh studi di perguruan tinggi Indonesia sebagai salah satu syarat utama bagi mahasiswa asing untuk memperoleh dokumen keimigrasian berupa Visa Pelajar dan Izin Tinggal Terbatas atau ITAS yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM”. Saat ini jumlah mahasiswa asing di Indonesia tahun 2016 hingga tahun 2018 sebanyak 15.985 mahasiswa yang tersebar di 416 Perguruan Tinggi di Indonesia. Mahasiswa asing tersebut berasal dari Timor Leste, Malsya, Thailand, China, Korea Selatan, Jepang, Belanda, Australia, Perancis,Jerman, Amerika Serikat, dan negara lainnya.

Selanjutnya, Syamsul menambahkan “Sosialisasi Penerimaan Proposal Insentif Riset Sistem Inovasi Nasional (insinas) Pendanaan tahun 2019. Direktorat Pengembangan Teknologi Industri, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan memberi kesempatan kepada para peneliti dan lembaga-lembaga riset serta Industri di Indonesia melalui program tersebut. Melalui pembinaan yang dilakukan oleh universitas ini diharapkan para dosen aktif partisipatif dalam mengikuti program yang dicanangkan pemerintah ini”

Berikutnya, sebagai wujud kerjasama yang erat antara Universitas Proklamasi 45 dengan para mitra organisasi maka kali ini perusahaan Toyota Nasmoco Janti membagikan berbagai merchandise menarik bagi peserta. Selain itu  para dosen, karyawan, dan staf serta para mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengikuti test drive dari Toyoto Nasmoco Janti. Acara dibuka oleh Wakil Rektor II Dewi Handayani Harahap,SPsi,MPSi, dihadiri oleh Wakil Rektor  bidang III Muhamad Ali Sukrajap,SE,MBA, Dekan Fakultas Hukum Sukirno,SH,MH; Dekan Fakultas Ekonomi Dra. Eny Sulistyowati,MM, Kepala LPPM, Drs. Jemadi,MM, Kaprodi Teknik Mesin Heribertus Sukarja,ST,M.Eng, pimpinan manajemen UP 45, kepala unit dan para dosen diantaranya Enda Apriani,ST,M.Eng, Wirawan Widya Mandala, ST,MT, Ir.Listriyanto,MT, Anastasia Neni CP,SSi,MSc, Sylvert Prian Tahalea, MCs dan masih banyak dosen dan pimpinan bagian atau unit yang turut hadir.