Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
The University of Petroleum

"Kriminalisasi Membungkam Suara Rakyat", Sarasehan Pustaka, Bewe Menggugat

  17 November 2017

Bagikan postingan ini

Kriminalitas merupakan segala macam bentuk tindakan dan perbuatan yang merugikan secara ekonomis dan psikologis yang melanggar hukum yang berlaku di Indonesia serta norma- norma sosial dan agama. Dapat diartikan bahwa, tindak kriminalitas segala sesuatu perbuatan yang melanggar hukum, norma - norma sosial, hingga masyarakat menentangnya.

Pada tanggal 15 november 2017, bertempat di aula perpustakaan universitas Atma Jaya Yogyakarta, enam mahasiswa dari Program Studi Psikologi Universitas proklamasi 45 semester 1 dan 3 mengikuti sarasehan pustaka BEWE MENGUGAT "KRIMINALITAS MEMBUNGKAM SUARA RAKYAT" yang disampaikan oleh Bambang Widjojanto (BEWE) wakil ketua KPK 2015, dan Bp. Saut Situmorang ( komisionaris KPK ). 

Peserta sarasehan diikuti oleh civitas akademika dari berbagai kampus negeri dan swasta di yogyakarta. Dalam kesempatan tersebut BEWE menjelaskan inti dari sarasehan pustaka itu adalah bahwa kriminalisasi itu terbentuk dari indikasi beberapa pola, diantaranya adalah Tuduhan, Direproduksinya fitnah- fitnah, dan Intimidasi. Pesan beliau untuk para peserta dalam acara tersebut adalah "Bangsa Indonesia akan menjadi sangat dahsyat, kalau anak - anak muda diberi kesempatan",

Bapak Saut Sitomurang juga menyampaikan bahwa "Kriminalisasi adalah adanya kelompok - kelompok yang tidak menghendaki adanya perubahan yang cepat di negara Indonesia ini". Jika yang membedakan seseorang dari orang lain adalah Integritas, lanjutnya.

Sarasehan tersebut berakhir pada pukul 16.00 WIB dan ditutup dengan sebuat kalimat dari Bapak BEWE "KEKERASAN KRIMINALITAS, TIDAK AKAN MENYELESAIKAN MASALAH DAN JANGAN MENGGUNAKAN KEKERASAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH". sumber