Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
The University of Petroleum

Kiat Sukses Dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan CV

  28 November 2017

Bagikan postingan ini

Ikatan Ahli Teknik Minyak Indonesia Seksi Mahasiswa atau yang biasa disingkat ATMI-SM menyelenggarakan “Seminar Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan CV” dengan tema “Basic Research and Community Development on Petroleum Engineering” yang menghadirkan 3 pembicara yaitu Nurhadi, MPA (Dosen Fisipol UP45), Nova Suparmanto (Technopreneur, Consultant, Trainer), dan Wirawan Widya Mandala, S.T., M.T (Dosen Teknik Perminyakan UP45) pada 25/11/2017.

Rektor Universitas Proklamasi 45, Ir. Bambang Irjanto, MBA turut hadir dan memberikan sambutan pada seminar ini, dilanjutkan dengan pemateri pertama Wirawan Mandala yang memberikan materi seputar dunia migas yaitu Pengenalan Enhanced Oil Recovery (EOR). Pemateri kedua yaitu Nova Suparmanto lebih banyak memberikan motivasi dan ilmu mengenai Kiat Sukses, hal ini sejalan dengan beberapa prestasi yang baru saja  diraih oleh mahasiswa-mahasiswi prodi teknik perminyakan ini terkait Karya Tulis Ilmiah dan Smart Competition.  Nova memberikan dorongan agar mahasiswa yang telah meraih prestasi agar lebih giat lagi mengembangkan diri dalam riset yang dilakukan, sedangkan bagi yang belum agar termotivasi meraih prestasi sebelum lulus dari UP45. Tantangan untuk terus berprestasi yaa!!

Abdullah, salah satu pengurus IATMI-SM UP45 yang beberapa hari lalu meraih juara 3 Smart Competiton menyampaikan bahwa “melalui seminar ini saya mendapatkan pengalaman yang sangat berharga dari para dosen, banyak hikmah yang kita ambil untuk menjadi motivasi untuk diri kita sendiri agar lebih maju lagi. Dalam sesi tersebut Nova Suparmanto juga memberikan pelatihan cara membuat Curiculum Vitae.  Ada program pelatihan pembuatan CV yang tentunya sangat membantu kita untuk menulis CV yang baik, lanjut Abdullah.

Arga Mahoklori, Mahasiswa Teknik Perminyakan Angkatan 2017 menambahkan bahwa “seminar ini sangat bermanfaat sekali dimana mengajarkan penulisan karya tulis ilmiah yang kedepannya kami sebagai mahasiswa baru, akan ada banyak sekali event yang membantu kami memotivasi diri untuk mengikuti perlombaan yang diadakan dan bersaing dengan kampus lain. Bapak Nurhadi juga menyampaikan bagaimana cara membangun desa, proses pembangunan desa yang nantinya kedepan kita akan kembali ke masyarakat dan sama-sama untuk membangun desa. Lanjutnya. (D.G.S)