Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
The University of Petroleum

Hulu Migas Membangun Pribadi Berkarakter Pejuang

  31 Mei 2018

Bagikan postingan ini

Universitas Proklamasi 45 bekerja sama dengan SKK Migas - KKKS Papua dan Maluku menyelenggarakan Capacity Building “The Ambasador” Wilayah Papua & Maluku” dengan tema “Hulu Migas Membangun Pribadi Berkarakter Pejuang” pada 28 Mei 2018 di Ruang Seminar Gedung Soekarno UP45. Peserta dari acara ini adalah mahasiswa/I asal Papua-Maluku yang berkuliah di UPN “Veteran”, STTNas, UP 45, UGM dan UTS Akprind.

Dipilihnya Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta sebagai penyelenggara karena 2 alasan yaitu: (1) Fokus studi di bidang-bidang yang mengarahkan karir pada industri yang bergerak di bidang energi, khususnya Minyak dan Gas; (2) Jumlah mahasiswa asal Papua dan Maluku di UP45 Yogyakarta prosentasenya mencapai 30-40%, sehingga merupakan institusi yang strategis dalam menyiapkan anak-anak asal Papua dan Maluku sebagai Ambasador (duta perubahan), sehingga kelak dapat ikut berpartisipasi aktif dalam pembangunan daerah dan khususnya di Industri Hulu Migas.

Salah satu tujuan pelaksanaan Capacity Buiding “The Ambasador” Wilayah Papua dan Maluku adalah menjadikan penduduk setempat sebagai tuan rumah di daerah, sehingga merasa berkepentingan untuk bekerja sama dengan lembaga pendidikan seperti UP45 Yogyakarta dalam mewujudkannya melalui program-program pendidikan. Beberapa contoh orang asli asal Papua dan Maluku sebagai Ambasador-ambassador yang telah berhasil diharapkan dapat memberikan inspirasi, sehingga mahasiswa Geoscience asal Papua dan Maluku Jurusan Teknik Perminyakan, Teknik Geofisika, Teknik Pertambangan, Teknik Geologi dan Teknik Lingkungan yang kuliah di UP45, UGM, UPN ”Veteran”, STTNas dan UST “Akprind” Yogyakarta  dapat memaksimalkan proses pendidikan selama di Yogyakarta. Mereka diharapkan dapat saling mendorong kemajuan pengembangan kapasitas pribadi melalui penguatan komunitas Papua dan Maluku. Komunitas ini bersifat membekali mereka agar mampu mengembangkan kemandirian dan profesionalitas di bidangnya.

Melalui dialog yang bersifat kekeluargaan dan inspiratif, diharapkan mahasiswa yang berasal dari daerah yang sama dapat menjalin hubungan emosional yang konstruktif dan saling  berbagi dan inspiratif, diharapkan setiap mahasiswa asal Papua dan Maluku yang menempuh studi di kampus-kampus tersebut dapat menyelesaikan studi dengan baik dan berkarir di bidang yang dituju. Untuk itu, perlu diselenggarakan sebuah kegiatan yang dapat menginisiasi komunitas yang konstruktif tersebut, yang bersifat tukar pengalaman dari Pakar dari beberapa KKKS, praktisi dan orang-orang yang dapat dijadikan sebagai role model antara lain Christina (BP), Yanto Kambu (BP), dan Jaky Latuperisa (Pengusaha/Alumnus UP45). Oleh karena itu dalam kegiatan yang akan dilaksanakan ini, sasarannya adalah mahasiwa/i asal Papua Maluku dari beberapa perguruan tinggi yang sesuai, yaitu: UPN “Veteran”, STTNas, UP 45, UGM dan UST Akprind.

Tujuan dari acara ini diharapkan menjadi awal kegiatan yang berkelanjutan, namun dimulai dengan suatu langkah yang dapat merangsang aktivitas komunitas dan pribadi. Secara khusus, dalam kegiatan ini akan dilakukan:   

  1. Sesi inspirasi dan motivasi mengenai karir di dalam lingkup Migas. Materi akan disampaikan secara ringan, cair namun informatif mengenai:
  • Pengenalan industri migas dan multiplayer effect-nya
  • Aktivitas industri migas meliputi kegiatan operasional, strategi pengembangan SDM, Program Beasiswa, Program Magang/Kerja Praktek, Program Tugas Akhir, Strategi membuat lamaran dan CV.
  • Kiat keberhasilan baik dalam menempuh studi, meniti karir sebagai Karyawan, Pengusaha/wirausaha, PEMDA, dan Legislatif.
  1. Pemilihan Duta Perubahan masing-masing 3 orang dari 5 kampus untuk dipersiapkan dalam Challenge Competition, yang akan diikutsertakan dalam acara IPA.
  2. Inisiasi Komunitas Pamalu di Yogyakarta yang berfokus pada pembangunan kapasitas individu maupun komunitas untuk membangun daerah asal mereka
  3. Launching logo dan motto: “Kami Duta Perubahan, Kamu Duta Perubahan, Kita Duta Perubahan”

Untuk mencapai tujuan tersebut, kegiatan yang dilakukan berupa dialog antara para narasumber dengan peserta terkait dengan Ruang Lingkup Industri Migas dan berbagi inspirasi tentang langkah pengembangan baik yang sudah dilakukan maupun yang akan datang. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Dr. A. Rinto Pudyantoro selaku Kepala SKK Migas wilayah Bagian Timur, DR. Hidayat Alhamid (Communication and External Affairs Depertment BP),  Indra Wardhana (Industrial Relation for PSC - SKK Migas), dan Denny Ruddiard Imbenay (Field HR & IT Sr. Supervisor-KMT Petrogas (Basin) LTD.

agenda

13
Sep
18
PKKMB T.A 2018/2019
13 Sep 2018 - 15 Sep 2018
25
Sep
18
Short Course
25 Sep 2018 - 27 Sep 2018
10
Sep
18
Mulai perkuliahan semester ganjil 18/19
10 Sep 2018 - 03 Nov 2018
20
Ags
18
Pengisian KRS Semester Ganjil 18/19
20 Ags 2018 - 08 Sep 2018
01
Ags
18

pengumuman

Perpanjangan PMB Gelombang 3

17 Sep 2018 10:15:48 WIB

Informasi Konseling Karir CDC (2)

14 Ags 2018 11:05:43 WIB

Informasi Layanan Aktivasi Mahasiswa

07 Jun 2018 15:04:11 WIB

Informasi Konseling Karir CDC

16 Apr 2018 10:03:58 WIB

Pelatihan Mud Logging

10 Feb 2018 08:27:15 WIB