Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
The University of Petroleum

Hari Antikorupsi Sedunia, UP45 Ajak Seluruh Elemen Bangsa Selamatkan Dunia Dari Korupsi

  11 Desember 2018

Bagikan postingan ini

Universitas Proklamasi 45, Sabtu, 8 Desember 2018 di Ruang Seminar Gedung Sukarno 101-103A, menggelar Seminar memperingati Hari Anti Korupsi (International Day Against Corruption 2018). Acara ini digelar atas kerjasama Kantor Urusan Internasional UP45, Fakultas Hukum UP45, United Against Corruption; Lalenok Ba Ema Hotu (LABEH) Timor Leste, kegiatan ini dimulai pukul 08.00 – 12.00 WIB. Ketua Panitia Putri mengatakan “kegiatan ini tidak hanya ditujukan untuk lingkup civitas UP45 saja tetapi mengajak seluruh elemen bangsa untuk memberantas korupsi. Seluruh lapisan masyarakat yang dimaksud baik mahasiswa, dosen, staf , karyawan, LSM, birokrasi, aparat penegak hukum, pihak terkait lainnya dan masyarakat umum. Dari target yang diharapkan 150 orang ternyata pendaftar melampau batas hingga 175 peserta.”

1.1. Sambutan Rektor UP45

Bersinergi apa yang sudah dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi KPK, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 yaitu KPK diberi amanat melakukan pemberantasan korupsi secara profesional, intensif, dan berkesinambungan. Senada apa yang didengungkan oleh KPK maka, Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta sebagai salah satu perguruan tinggi swasta bertanggungjawab melakukan kampanye Anti Korupsi. Sejatinya kampanye ini tidak hanya didengungkan untuk Warga Negara Indonesia namun seluruh masyarakat atau warga dunia United Against Corruption. Salah satunya di negara Timor Leste. Melalui salah satu NGO Lalenok Ba Ema Hotu (LABEH) The Mirror for the People -Timor Leste.

Anti Corruption Summit 2018 UP45: “Say No To Corruption” menghadirkan narasumber diantaranya Direktur LKBH FH UP 45 ; Dr.Drs. H Muhammad Khambali,SH,MH membahas tentang “UU tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi”, Dekan Fakultas Fisipol UP45 Dr.Dra. Bening Hadilinati,MSi membahas tentang “Fenomena Banyaknya Pejabat Publik Melakukan Tindak Korupsi”. Tim Psikologi UP45 Dr. Dra.Arundati Shinta,MA diwakili oleh Dra.Ruth Yuni Imanti Salomo, psikolog membahas tentang “Pencegahan Tindak Korupsi Sejak Dini” .

1.2. Foto Bersama Narasumber

Pada kesempatan ini acara dibuka acara dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Hukum UP 45 diwakili oleh Kaprodi FH UP45 Dyah Rosiana Puspitasari, SH,L.L.M, “menyambut baik kegiatan yang sudah diinisiasi Kantor Urusan Internasional, Fakultas Hukum, dan NGO Timor Leste. Diharapkan melalui seminar ini akan membuka wawasan bagi peserta baik mahasiswa, dosen, karyawan, masyarakat umum, pemerhati, pihak terkait baik dalam maupun luar negeri tentang bahaya anti korupsi.”

Dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Dr. Christopher Henry Samson,PhD Direktur Utama The Mirror of The People atau NGO LABEH Timor Leste diwakili oleh Mr. Emiliano Lemos Domingos. Selain memperkenalkan organisasi LABEH serta berbagai kegiatannya, Domingos “korupsi adalah topik yang tabu, banyak orang takut untuk berbicara menentang korupsi di Timor-Leste pada saat itu dan banyak perusahaan secara teratur menulis suap sebagai pengeluaran bisnis dalam pengajuan pajak mereka, korupsi beberapa kepala negara yang sudah lama menjadi legenda, dan banyak lembaga internasional yang mengundurkan diri ke Fakta bahwa korupsi akan menyedot pendanaan dari banyak proyek pembangunan di seluruh dunia termasuk Timor-Leste. Domingos menambahkan setelah melihat dampak korupsi di Kementerian Perencanaan dan Keuangan di Pemerintahan Konstitusional pertama, maka founder memutuskan untuk menjadi Suara melawan korupsi di Timor-Leste melalui organisasi NGO.”

1.3. Pengresmian Kantin Kejujuran HMJM FE UP45

Berikutnya, Rektor Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta Ir. Bambang Irjanto, MBA sangat mengapresiasi kegiatan seminar International Day Against Corruption 2018 “Say No To Corruption” dalam rangka memperingati hari anti korupsi sedunia (United Against Corruption) 2018. Ucapan terimakasih juga diberikan kepada penyelenggara Fakultas Hukum, Kantor Urusan Internasional dan NGO Timor Leste, terlebih Dr. Christopher Henry Samson,PhD Direktur Utama the Mirror of The People Timor Leste. Acara kali ini tidak hanya seminar saja tetapi dilakukan launching lomba jingle anti korupsi, peluncuran lomba debat anti korupsi dan peluncuran Kantin Kejujuran HMJM FE UP45.

Dekan Fakultas Ekonomi UP 45 Dra. Eny Sulistyowati,SE,MM menyampaikan “Warung Kejujuran merupakan alah satu bentuk kegiatan ekonomi yang bisa dilakukan masyarakat adalah berbisnis atau wirausaha. Untuk menjadi seorang wirausaha yang berhasil diantaranya harus memiliki beberapa karakter wirausaha antara lain: beroirientasi kepada pelanggan dan harus jujur dalam menjalankan usahanya. Karena dengan dua hal tersebut bisa menjadikan usaha yang dilakukan berkembang dan memiliki keberlangsungan hidup.

Acara ditutup pada pukul 12.00 WIB dengan hiburan live acoustic music dari mahasiswa Asing KUI UP45 Rui Fatima Madeira.