Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
The University of Petroleum

Guru Besar UGM Nyatakan Jurusan Administrasi Negara UP45 Mempunyai Potensi Penting Untuk Mengawal Industri Migas

  25 Juli 2016

Bagikan postingan ini

Salah satu guru besar UGM, Prof. Purwo Santoso, MA.,PhD., menyatakan bahwa Jurusan Administrasi UP 45 mempunyai potensi yang sangat penting dalam mengawal kebijakan publik. Hal itu disampaikan Santoso seusai mengisi acara kuliah umum analisis kebijakan public yang digelar di ruang seminar UP 45 pada Rabu (04/05/2016).

Menurut dosen Fisipol UGM itu, kebijakan terkait pemanfaatan sumber daya alam  selama ini hanya di satu tangan saja. Dia juga menyampaikan, seharusnya kewenangan harus ditopang dengan pengetahuan. Sebab akan terjadi sebuah ketimpangan apabila kewenangan dijalankan tanpa ditopang dengan pengetahuan. Oleh karena itu, UP 45 sebagai kampus migas dengan jurusan administrasi Negara di dalamnya memiliki peran yang cukup penting dalam mengawal kebijakan itu.

Ketika ditanya terkait peran akademisi selama ini, Profesor yang satu ini menyatakan bahwa selama ini peran akademisi dalam mengawal kebijakan public masih minim. “kalaupun ada, mereka terkesan sembunyi-sembunyi,” ujarnya dengan menghela nafas berat.

Menurutnya, seharusnya akademisi mengawal kebijakan public dengan memperhatikan kepentingan masyarakat luas. Akademisi harus melakukan analisis kebijakan public dengan berdasarkan hati nurani, bukan berdasarkan “pesanan” dari pihak yang berkepentingan.