Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
The University of Petroleum

Dosen Universitas Proklamasi 45 Laksanakan Focus Group Discussion

  27 Oktober 2017

Bagikan postingan ini

Salah satu program Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat adalah penelitian hibah yang ditujukan kepada dosen pemula. Kegiatan ini diikuti oleh Eny Rohyati, S.Psi., M.Psi., Psikolog (Ketua) dan Fx Wahyu Widiantoro, S.Psi., M.A (Anggota) yang merupakan Dosen Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta dan lulus pada kategori Peneliti Dosen Pemula (PDP).

Focus Group Discussion (FGD) merupakan rangkaian kegiatan penelitian hibah yang telah diperoleh pada tahun 2016. Hubungan Gaya Kepemimpinan Transformational dan Transaksional Terhadap Efektivitas Kinerja Karyawan merupakan judul penelitian yang diangkat pada FGD ini. Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta (Kab. Sleman), IKIP PGRI (Kab. Kulon Progo), Universitas Gunung Kidul (Kab. Gunung Kidul), Universitas Mercubuana Yogyakarta (Kab. Bantul), dan Universitas Cokroaminoto (Kota Yogyakarta) merupakan lokasi penelitian mereka. Persentasi Focus Group Discussion (FGD) berlangsung di ruang 101 Gedung Sukarno (16/10).

Eni menjelaskan bahwa gaya kepemimpinan transformational merupakan kemampuan seorang pemimpin memberikan inspirasi dan motivasi kepada bawahannya untuk mencapai hasil yang lebih baik dari yang direncanakan. Gaya kepemimpinan transaksional merupakan kemampuan seorang pemimpin untuk mengidentifikasi keinginan bawahan dan membantunya mencapai tingkat prestasi yang lebih tinggi dengan memberikan imbalan yang memuaskan.

Menurut Eni, gaya kepemimpinan transformational lebih cocok untuk diterapkan karena dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada bawahannya sehingga hasil yang dicapai sesuai harapan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipakai sebagai bahan ajar pada mata kuliah mata kuliah psikologi industri dan organisasi, lanjutnya. (FAG)