Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
The University of Petroleum

Bedah Buku EMGI: Dari Rupiah ke Dolar AS

  17 November 2017

Bagikan postingan ini

Yogyakarta- EMGI Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta melaksanakan bedah buku dengan judul “Dari Rupiah ke Dolar AS”. Penulis buku ini adalah Dr. Ibrahim Hasyim, SE., MM. merupakan anggota Badan Pengatur Hilir Migas Jakarta. Buku ini dibedah oleh Ir. Bambang Irjanto, MBA. selaku Rektor Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta di Ruang Seminar Gedung Soekarno (14/11). Bedah buku ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan 2 kali dalam sebulan.

Bambang memaparkan bahwa buku ini bersifat autobiografi tentang politik luar negeri dari penulis. Buku ini berisi perjuangan, bisnis energi dan leadership dari Ibrahim Hasyim dalam mengambil keputusan pada kondisi yang tidak aman. Kala itu Ibrahim mempertahankan eksistensi Pertamina di Timor Timur di tengah bergejolaknya perang saudara dan akhirnya mendapatkan dukungan.

Pendekatan yang dilakukan Pertamina dalam mempertahankan dan mengembangkan bisnis hingga akhirnya mendunia adalah melalui pendekatan formal (peraturan-peraturan yang ada), pendekatan-pendekatan keamanan, dan tahap selanjutnya adalah dari segi pendekatan bisnis melalui proses mencari dan menangkap peluang yang ada, tutup Bambang.