Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
The University of Petroleum

Bedah buku: A to Z Bisnis Hulu Migas

  27 Februari 2018

Bagikan postingan ini

Yogyakarta, EMGI UP45 kembali melaksanakan bedah buku dengan judul A to Z Bisnis Hulu Migas (15/02). Buku ini merupakan tulisan A Rinto Pudyantoro, Senior Manager Tax and Levies SKK Migas.

Menurut Lia Yunita, ST., M.Pd., buku ini menjembatani antara industri migas dan masyarakat karena banyak masyarakat yang belum memahami seluk beluk bisnis migas. Ada beberapa ciri bisnis migas yaitu ada wilayah kerja, pembagian kerja dan product sharing contract (PSC) serta ketidakpastian dalam menemukan cadangan migas. Lia menjelaskan Product Sharing Contract terdiri dari 2 sistem yaitu sistem konsesi dan sistem kontrak.

Buku ini menjelaskan bahwa pada bisnis migas yang mengelola suatu wilayah kerja adalah Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang diawasi oleh SKK Migas dan dibina oleh Kementerian ESDM.

Dalam bisnis migas, resiko yang ditanggung sangatlah besar maka suatu wilayah kerja dikelola oleh beberapa KKKS untuk membagi resiko. Di Indonesia, keputusan investor untuk membeli lahan migas baru didasarkan pada nilai ekonomi, kata Lia menambahkan.

Lia mengingkapkan, buku ini sangat lengkap, padat dan jelas karena membahas seluruh aspek migas.

Berita Terkait

Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa 2015
24 Ags 2015 10:32:21 WIB