Bagaimana Menjadi Seorang Yang Sukses Dengan Menulis

Selasa, 12 Oktober 2016, EMGI (Energy Management and Governance Institute) UP45  mengadakan kegiatan pelatihan penulisan jurnalistik. Pelatihan ini bertujuan meningkatkan kompetensi dan wawasan serta keterampilan dalam menulis. Pemateri dalam pelatihan ini adalah Bapak Drs. Krisno Wibowo, M.Si, Beliau adalah seorang koordinator dari Swara Kampus Kedaulatan Rakyat. Hampir 30 tahun beliau menekuni dunia jurnalistik, banyak hal yang dibagikan beliau kepada para peserta. Mulai yang paling dasar seperti cara mendapatkan berita hingga cara menulis berita agar layak untuk dimuat. Pelatihan ini dihadiri oleh para dosen dan mahasiswa UP45.

“Semakin detail sebuah berita semakin baik, berita yang baik adalah yang seimbang antara  pihak pro dan kontra”, ungkap Krisno”. Kesalahan yang paling besar dilakukan oleh mahasiswa atau seorang jurnalistik dalam menulis berita adalah memasukkan opininya. Hal ini bisa dinilai berita tersebut tidak netral. Carilah orang yang berkompeten untuk mengomentari peristiwa yang akan dijadikan berita tersebut, pungkasnya.

Para peserta sangat antusias dalam pelatihan ini, hal tersebut dilihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada pemateri baik dari para dosen maupun mahasiswa. Beliau menuturkan bahwa ada 3 syarat untuk menjadi seorang penulis yaitu menulis, menulis, dan menulis. Dan yang tak kalah pentingnya untuk menjadi seorang jurnalis adalah Mental yang Kuat”.  

Pada akhir kegiatan pelatihan ini seluruh peserta (mahasiswa dan dosen) dilatih untuk menulis dan mengembangkan sebuah berita, berita yang telah dituliskan akan di koreksi apakah telah sesuai dengan nilai-nilai berita yang telah dijelaskan sebelumnya. Krinso Wibowo pada akhir pelatihan menyebutkan bahwa cara bagaimana seseorang bisa sukses adalah dengan mengekspresikan gagasannya melalui tulisan. (FAG/GS)