Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
The University of Petroleum

Jurusan Kuliah Terpopuler Yang Paling Banyak Diminati Oleh Calon Mahasiswa Baru

  06 Des 2018 09:18:49 WIB

Hallo Sobat UP45, kalian tentu sudah punya cita-cita nanti bakal kuliah dijurusan apa jika lulus dari Sekolah Menengah Atas / kejuruan nanti. Banyak sekali pilihan program studi / jurusan yang ditawarkan oleh berbagai kampus negeri maupun kampus swasta di seluruh Indonesia yang bisa menjadi pertimbangan bagi kamu untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi, berikut kami paparkan 8 jurusan terpopuler yang paling diminati oleh calon mahasiswa baru :

1. Manajemen

Program studi manajemen adalah salah satu jurusan favorit dari rumpun ekonomi dan bisnis bagi calon-calon mahasiswa baru yang sedang hunting jurusan kuliah. Selain terbilang cukup populer dan dapat ditemukan di seluruh perguruan tinggi, lulusan manajemen juga cukup banyak diminati menjamin kamu untuk memiliki prospek kerja yang tidak terbatas. Kenapa? Karena tidak ada bidang pekerjaan yang tidak membutuhkan praktisi manajemen.

Jika Anda tertarik pada bisnis dan alokasi sumber daya dan berencana bekerja di sektor korporasi yang mencakup banyak orang, maka jurusan manajemen adalah jurusan yang tepat bagi Anda. Isi dari kuliah jurusan manajemen menawarkan beragam pilihan mata kuliah mulai dari mengelola proyek dan keuangan, hingga mengatur manusia, sehingga penting bagi anda sebagai calon mahasiswa untuk memiliki minat pada semua aspek manajemen.

Peluang karier : Manajer/bagian manajemen di berbagai perusahaan, HRD (Human Resource Development)

 

2. Akutansi

Karir di bidang akuntansi menjanjikan pemasukan yang menggiurkan, juga peningkatan karir yang terjamin. Akuntansi sendiri merupakan proses menelusuri transaksi keuangan dari suatu perusahaan. Selama dimana ada transaksi keuangan, perusahaan perlu melacak keluar masuknya aliran dana mereka untuk menentukan rugi laba yang diperoleh. Hal ini sangatlah penting dalam menilai kemajuan dalam suatu perusahaan.

Sekarang ini, banyak perusahaaan-perusahaan yang memiliki departemen keuangan yang bersedia memperkerjakan para mahasiswa yang baru lulus. Departemen ini tidak hanya berurusan dengan perputaran keuangan, pendapatan dan biaya produksi suatu perusahaan, tetapi juga mengurus hukum perpajakan. Selain itu, data-data keuangan ini akan digunakan untuk memprediksi ekspansi perusahaan yang bersangkutan.

Peluang karier : Akuntan, bagian keuangan perusahaan, akuntan publik

 

3. Pendidikan Dokter

Program studi Pendidikan Dokter, atau biasa disebut Kedokteran ini juga merupakan salah satu program studi yang setiap tahun selalu banyak peminatnya. Di jurusan ini kamu akan mempelajari ilmu medis, bagaimana memelihara kesehatan, pencegahan, dan pengobatan penyakit.

Untuk mempelajari ilmu kedokteran ini, kamu harus memahami anatomi, fungsi, dan interaksi yang terjadi pada tubuh manusia, mulai dari tulang, otot, saraf, dan indera. Selain anatomi, kamu juga akan belajar histologi, fisiologi, dan biokimia.

Setelah memahami fungsi dasar bagian tubuh, kamu juga akan belajar tentang penyakit dan obat-obatan. Dan pastinya, di Pendidikan Dokter, kamu akan mempelajari tata cara pemeriksaan pasien dan menginterpretasi hasil pemeriksaan tersebut.

Peluang karier : Dokter, bekerja di Kementerian Kesehatan

 

4. Psikologi

Psikologi adalah salah satu program studi paling populer di Indonesia. Selain mempelajari tentang perilaku dan kepribadian manusia, lapangan pekerjaan untuk lulusan jurusan ini pun terbuka lebar, begitu pula dengan pilihan jalur karier yang beragam.

Banyak yang menganggap bahwa belajar psikologi adalah sesuatu yang menarik karena kamu akan jadi paham perilaku dan kepribadian manusia. Kalau gosipnya anak Psikologi bisa baca pikiran orang atau bakal kerja di rumah sakit jiwa, ini salah! Masih banyak yang belum mengerti bedanya psikolog dan psikiater. Disini kamu akan dapat jawabannya

Lebih tepatnya lagi, program studi psikologi ini mempelajari mengenai manusia, dari segi mental, pikiran, dan perilakunya. Untuk menjadi psikolog kamu harus menempuh studi lanjutan setelah lulus S1, serta mengambil program profesi.

Peluang karier : HRD (Human Resource Development) perusahaan, konselor, peneliti riset, bagian asesmen (yang melakukan tes psikologi), psikolog, praktisi pendidikan, dll.

 

5. Ilmu Hukum

Ilmu Hukum merupakan salah satu program studi dari Fakultas Hukum. Di prodi ini mahasiswa mempelajari seluk-beluk teori dan praktek hukum.

Namun untuk bisa menjadi pengacara atau notaris tidak cukup dengan gelar S1. Kamu harus memiliki pengalaman magang (kerja) di kantor hukum dan ikut tes advokat serta melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 untuk bisa menjadi notaris. Sedari dulu, jurusan Hukum memang tidak pernah sepi peminatnya.

Peluang Karier : Bagian legal di perusahaan (biasanya dibutuhkan perusahaan besar baik nasional maupun multinasional), notaris, pengacara, hakim, jaksa, konsultan hukum, Diplomat, bekerja di Kementerian Hukum dan HAM, jurnalis.

 

6. Ilmu komunikasi

Ilmu Komunikasi adalah salah satu program studi yang juga sangat banyak peminatnya belakangan ini. Apalagi lulusan Ilmu Komunikasi luas prospek kerjanya. Salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang memiliki Fakultas Ilmu Komunikasi sebagai fakultas tersendiri adalah Universitas Padjadjaran, Bandung. Program studi ilmu komunikasi sendiri mempelajari tentang dasar komunikasi, baik komunikasi antarpribadi, public speaking, komunikasi massa, komunikasi formal, dan lain sebagainya.

Nantinya kamu juga akan mempelajari mengenai pesan dalam komunikasi yang tidak hanya lewat perkataan, tapi juga tulisan, simbol, audio visual, dan lain sebagainya. Jurusan-jurusan yang masuk dalam bidang komunikasi adalah periklanan, linguistik, bahasa, jurnalistik, dan masih banyak lagi.

Komunikasi juga berhubungan dengan pemanfaatan teknologi dan penemuan baru seiring perkembangan jaman. Misalnya perkembangan internet, pengaruh media, tren hiburan yang sedang populer dan faktor-faktor lainnya. Dan uniknya, karena program studi yang satu ini cukup berkaitan erat dengan tren dan teknologi sehingga kurikulum dan penyampaian perkuliahan jurusan ilmu komunikasi pun juga sering berubah-ubah.

Peluang karier : Broadcasting, Wartawan, Editor, Public Relations Officer atau Hubungan Masyarakat, Periklanan, Manajemen Media, Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Bisnis, dan sejenisnya.

 

7. Teknik Informatika

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, dunia digital, dan gadget, menyebabkan studi tentang Teknik Informatika pun semakin dibutuhkan. Program studi yang satu ini mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisa matematis untuk desain, pengembangan, pengujian, dan evaluasi perangkat lunak, sistem operasi dan kerja komputer.

Pada prodi ini akan diajarkan mulai dari menghasilkan ide kreatif, kemudian merealisasikan ide tersebut, memecah fungsi-fungsi, dan menciptakan struktur instruksi yang sangat detil dalam bahasa pemrograman untuk mengajarkan komputer apa saja yang harus dilakukan. Mahasiswa Ilmu Komputer harus menjadi ahli dalam sistem operasi dan aplikasi untuk memastikan bahwa dasar sistem operasi bekerja dengan baik.

Peluang karier : Programmer, software engineer, Konsultan IT, wirausaha startup berbasis teknologi, web enginner, system analyst

 

8. Farmasi

Farmasi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari cara membuat, mencampur, meracik, memformulasi, mengidentifikasi, mengombinasi, menganalisis, serta menstandarkan obat dan pengobatan, juga sifat-sifat obat beserta pendistribusian dan penggunaannya secara aman.

Umumnya, Ilmu Kimia adalah yang paling banyak digunakan di program studi ini. Ilmu pokok yang digunakan dalam farmasi adalah kimia (80%), biologi (15%), dan fisika (5%). Ilmu-ilmu ini diterapkan dalam cabang ilmu yang lebih spesifik seperti farmakologi, kimia farmasi, farmasetika, teknologi farmasi, dispensa farmasi, fisika farmasi, biofarmasetika, farmasi klinik, biologi farmasi, dan administrasi farmasi.

Peluang karier : Bekerja di industri obat/industri produk farmasi, apoteker, peneliti, analisis farmasi, dan lainnya.

 

Nah, udah punya gambaran kan mau masuk ke jurusan mana? Dari 8 jurusan terpopuler diatas ada 3 jurusan di Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta loh!, apa saja? Program studi Manajemen, Ilmu Hukum dan Psikologi. Jadi tunggu apalagi, cuzz daftar sekarang, selain jurusan atas masih banyak jurusan lain koq yang gak kalah populernya yaitu Program Studi Teknik Perminyakan, Teknik Lingkungan, Teknik Elektro, Administrasi Publik, dan masih banyak lainnya..

 

sumber gambar : tribunnews.com

Artikel Terkait

Import Baju Awul-awul
24 Ags 2015 03:15:01 WIB
Mencari Migas Semakin Sulit
07 Jun 2017 08:56:40 WIB