Talk Show: Fenomena Generasi Z Yang Serba Multi Tasking

27 Jan 2017 09:06:06 WIB
Telah dibaca 200x
Generasi Z disebut juga dengan iGeneration, Generasi Net atau Generasi Internet adalah mereka yang hidup pada masa digital dan terbiasa dengan berbagai macam dan bentuk aplikasi yang canggih. Upaya untuk lebih meningkatkan pengetahuan tentang pendidikan  remaja generasi Z dan fenomena dunia remaja yang masih berstatus sebagai siswa dan mahasiswa tersebut maka Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta  mengadakan acara Talk Show pada Sabtu, 26 November 2016.
 
Tujuan yang ingin dicapai melalui kegiatan Talk show adalah meningkatkan pengetahuan tentang dunia remaja di era globalisasi saat ini. Demikian diungkapkan oleh ibu Dewi Handayani H, S.Psi., M.Psi., Wakil Rektor II UP 45 Yogyakarta dalam kata sambutannya ketika membuka acara tersebut.

Para pembicara yang berkenan membagikan pengetahuan dalam acara Talk show adalah Ir. Dian Yudhawati, S.Psi.,M.Si., M.Psi., Dosen Psikologi UTY sebagai pemateri pertama menjelaskan tentang kondisi psikologis remaja. Dilanjutkan oleh Joko Sutrisno, S.Psi., Staff BKKBN Yogyakarta yang menjelaskan tentang resiko pergaulan yang terjadi di kalangan remaja. Materi tentang kecenderungan konsumerisme pada remaja dipaparkan oleh Adji Waskito, SE. Materi keempat tentang kondisi sosial yang mempengaruhi perkembangan remaja dijelaskan oleh Armunanto Staff UNICEF.

 
Sikap orang tua, guru, konselor atau pendidik lainnya seyogyanya dapat memberikan bimbingan dan memfasilitasi anak, agar mereka terutama yang termasuk dalam Generasi Z dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan zamannya serta dapat memanfaatkan kehadiran teknologi secara tepat dan benar. Demikian disimpulkan oleh  Arundati Sinta, selaku moderator.
 
Keterlibatan peserta yang sangat aktif ditunjukan dengan berbagai pertanyaan yang disampaikan hingga menjadi sebuah materi diskusi yang sangat menarik. Kegiatan yang dihadiri oleh peserta terdiri dari kalangan mahasiswa, guru, pekerja sosial dan praktisi yang mendedikasikan diri di dunia pendidikan ini dilaksanakan di Ruang Seminar Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Acara semakin meriah dengan adanya pebagian doorprize dari para sponsor dan penampilan kelompok band mahasiswa Psikologi.
 
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta sebagai institusi yang mengemban tanggung jawab Tri Dharma Perguruan Tinggi mencoba lebih mengembangkan karya ke berbagai level jenjang pendidikan dan masyarakat. “Berkarya di setiap kesempatan agar setiap individu mampu tumbuh dan berkembang sebagai pribadi yang utuh”, demikian diungkapkan oleh Wahyu Widiantoro, sebagai dosen Fakultas Psikologi UP 45. Yudha Andri Riyanto, sebagai ketua panitia menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselengaranya acara ini, antara lain para sponsor dari BRI, Alif-A Group, Super Water, Warung SS, P2K UP45, Balnk on fc dan Uviconsultant, RBTV.
Tulisan ini adalah bukti bahwa mahasiswa Psikologi UP45 mampu mengasah ketrampilan entrepreneurship. Mereka mampu menyelenggarakan suatu peristiwa bergengsi, dengan bergerilya tentang topik, pembicara, dan tentu saja dana. Sangat tidak mudah untuk mendorong anak-anak muda itu agar terampil dalam meyakinkan organisasi di luar UP45 untuk bersedia menyumbang kegiatan tersebut. Setelah melalui berbagai pelatihan public speaking, para mahasiswa yang gigih itu mampu menggaet 7 (tujuh) organisasi, dan semua organisasi itu menyumbang dana. Ketrampilan seperti itu sangat dibutuhkan kelak ketika mahasiswa itu sudah lulus dan berkiprah di tengah-tengah masyarakat. Sangat diharapkan semua mahasiswa Psikologi UP45 mempunyai ketrampilan entrepreneurship seperti para seniornya terdahulu. (W.W)
 

Berita Terkait

Hidup hanya sekali, kita tidak tau kapan “selesai” maka jangan sia-siakan. Rencanakan de...

Parent Meeting Bersama Kamulan School

15 Feb 2016 02:54:18 WIB

Keceriaan para peserta yang hadir di acara parent meeting dimeriahkan oleh alunan lagu yang dinyanyi...

Berita Terbaru

Tim Taekwondo Universitas Proklamasi  45 Yogyakarta berhasil meraih 4 medali, yaitu 2 medali pe...

Biro Pemasaran dan Kerjasama Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta melalui tim marketing Sabtu, 11 Ma...

Migas The Untold Story

27 Mar 2017 11:36:36 WIB

Energy Management and Governance Institute (EMGI) UP45 melaksanakan kegiatan bedah buku IX dengan ju...

Agenda

10
Apr
2017