Rilis Tracer Study Universitas Proklamasi 45

Sebagai tempat menempuh pendidikan tingkat tinggi, Universitas memegang peranan penting dalam menetapkan standar kualitas mahasiswanya. Standar kualitas mahasiswa yang dimaksud antara lain berupa ilmu pengetahuan, logika berfikir, soft skill, serta hard skill-nya. Untuk itu dilakukan penelitian Tracer Study yang berpedoman pada hibah Tracer Study RISTEKDIKTI. Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah antara lain untuk melaksanakan studi pelacakan Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta secara lebih terintegrasi dengan baik serta mengetahui tingkat relevansi kurikulum yang digunakan dengan tuntutan dunia kerja yang ada saat ini. Dengan demikian, diharapkan dari penelitian ini mendapatkan feed back mengenai relevansi kurikulum yang digunakan saat ini dengan tuntutan kompetensi di dunia kerja sehingga dapat mempersiapkan kelulusan yang siap bersaing di pasar kerja,seperti yang disampaikan Mohamad Rais,SP,M.Sc

metode yang digunakan dalam penelitian ini berdesain penelitian kualitatif yang dilaksanakan oleh Tim Tracer Study yang telah ditunjuk dan disepakati baik secara internal maupun eksternal. Desain kualitatif dijelaskan melalui penelitian statistik deskriptif, dimana data yang diperoleh akan dipaparkan dalam bentuk visualisasi grafik, tabel, diagram, dll. Data awal yang digunakan bersumber dari buku alumni yang telah diverifikasi oleh bagian PDE (Pusat Data Elektronik). Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui media surat POS, sms blaster, telepon, email, jaringan sosial, dan portal web. Selanjutnya akan dilakukan monitoring terhadap pengumpulan data.

            Dari hasil penelitian Tracer Study pada tahun 2016 ini, diperoleh hasil net response rate dan Gross Response rate sebesar 34,04 % dan 22,5 % dengan jumlah responden 32 orang. Gross Response rate bernilai >20 % (22,5 %), dimana nilai ini dikatakan memenuhi nilai yang dipersyaratkan oleh DIKTI.  Beberapa variabel lain yang lain diteliti menunjukkan bahwa 96,88 % alumni universitas proklamasi 45 lulusan  2014  sudah bekerja. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa bidang studi (75%) dan matakuliah (87,5%) relevan dengan pekerjaan mereka saat ini. Kontribusi  kompetensi oleh universitas cukup tinggi dimana rerata nilai yang didapat adalah 3,00. Hal ini menjelaskan bahwa universitas memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kompetensi alumni dan kurikulum yang jalankan sudah relevan dengan dunia kerja.