Mahasiswa Teknik Perminyakan UP45 Raih Juara I Dalam Lomba Inovasi dan Teknologi 2017

15 Mei 2017 15:58:44 WIB
Telah dibaca 99x

Pendidikan tinggi di Indonesia perlu ditingkatkan dalam membekali para sarjana untuk dapat hidup mandiri, berkreasi serta memanfaatkan sains dan teknologi. Banyak lulusan yang walaupun berpengetahuan tinggi masih kurang mampu untuk mensejahterahkan diri dan masyarakat, hal ini juga terjadi pada lulusan-lulusan perguruan tinggi di Yogyakarta. Oleh karena hal tersebut maka Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan lomba Inovasi dan Teknologi Mahasiswa 2017 pada hari sabtu, 22 April 2017 lalu bertempat di kampus II Fakultas Ekonomi Universitas Teknologi Yogyakarta

Lomba ini merupakan lomba tingkat Provinsi yang diikuti oleh Universitas-universitas  se-DIY, Universitas Proklamasi 45 sendiri mengikutkan 3 mahasiswa yang berasal dari Program Studi Teknik Perminyakan Angkatan 2015, yaitu Awalliyah Nadia Belyni, Yunahar Abdul Rahman, dan Yuhirman. Lomba ini diselenggarakan untuk mengembangkan gagasan baru yang inovatif dan dapat diimplementasikan di masyarakat sehingga dapat mendukung tercapainya visi  dan misi DIY kedepan.

Tema yang diambil oleh Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta yaitu tentang “Pemanfaatan Sampah Organik di Lingkungan” , tema ini disesuaikan dengan visi DIY tahun 2020. Merupakan kebanggaan karena mereka berhasil lolos dalam tahap seleksi proposal terkait penelitian yang dilakukan. Penelitian yang dilakukan yaitu menciptakan sebuah kompor TAGS (Twist Aerated Gasification Stove), kompor ini dibuat untuk mengurangi limbah sampah organik di lingkungan, hasil emisi jauh lebih sedikit daripada pembakaran dengan tungku konvensional sehingga tidak mencemari lingkungan.

Hasil kerja keras ketiga mahasiswa ini yang didampingi oleh para dosen-dosen Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Proklamasi 45, mereka berhasil masuk dalam 4 besar dan meraih juara pertama untuk hasil akhirnya. Walaupun lomba telah berakhir namun mereka masih terus mengembangkan penelitian terkait kompor/tungku ini. (G.S)

Berita Terkait

Pendidikan pada awalnya digagas untuk memberikan pengetahuan bagi peserta didik. Pada masa awal pend...

IYEC (IATMI Youth Energy Chalange) merupakan salah satu event tahunan yang dilakukan oelh IATMI SM I...

Berita Terbaru

Dalam peningkatan universitas baik kualitas dan kuantitas diperlukan sinkronisasi dari segenap civit...

Yogyakarta, 20 Mei 2017. Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta yang bertransformasi menjadi Univ...

Yogyakarta, 19 Desember 2017. Sebanyak 72 calon wisudawan mengikuti pembekalan wisuda yang dilaksana...

Agenda

18
Mei
2017