Dosen Berprestasi UP45 di Bidang Migas

10 Apr 2017 14:45:03 WIB
Telah dibaca 156x

M. Sigit Cahyono, S.T,.M.Eng adalah Dosen di prodi Teknik Perminyakan dan Teknik Lingkungan Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta (UP45). Beliau menempuh pendidikan S1 di jurusan Teknik Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, dan pendidikan S2 nya di Magister Sistem Teknik (MST) Universitas Gadjah Mada. Saat ini selain sebagai Dosen tetap di Universitas Proklamasi 45, beliau juga bekerja sebagai Tenaga Ahli Wakil Ketua Komisi VII & Bidang Legislasi FPKS DPR-RI. Sebelumnya sempat menjabat sebagai Ketua Prodi & Sekretaris Prodi Teknik Perminyakan UP45 masing-masing selama kurang lebih satu tahun.

M. Sigit Cahyono sangat aktif menulis artikel di berbagai media massa. Sudah lebih dari 30 artikel yang terbit di media massa lokal maupun nasional, diantaranya Suramnya Dunia Migas (Harian Kontan, 2015), Mencari Pemimpin Bervisi Energi (Kedaulatan Rakyat,2014) dan Pembatasan BBM dan Energi Alternatif (Harian Kontan, 2012). Semua tulisannya bisa dibaca di website resminya : www.sigitcahyono.com. Selain itu, beliau juga sudah menghasilkan 2 buah jurnal ilmiah dan 1 buah makalah yang dipresentasikan di seminar ilmiah nasional selama 4 tahun lebih  berkarir di UP45.

Selain artikel, ada dua buku yang sudah diterbitkan yaitu Biofuel, Energi Alternatif Masa Depan (Aswaja Press, 2014) dan Panduan Praktis Membuat Biogas Portabel Skala Rumah Tangga dan Industri (Andi Publisher). Menurut rencana, buku ketiganya yang berjudul "Kapita Selekta Energi Baru Terbarukan", akan diterbitkan dalam beberapa waktu ke depan. (R.J/S.C)

Artikel Terkait

Kiprah Fakultas Psikologi UP45

25 Jul 2016 22:19:02 WIB

Kemandirian pada anak diperoleh secara bertahap seiring dengan perkembangan aspek-aspek kepribadian ...

Pertamina terus lakukan pengembangan dan penerapan teknologi.   Pengembangan dan penerapa...

Berita Terbaru

Dalam peningkatan universitas baik kualitas dan kuantitas diperlukan sinkronisasi dari segenap civit...

Yogyakarta, 20 Mei 2017. Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta yang bertransformasi menjadi Univ...

Yogyakarta, 19 Desember 2017. Sebanyak 72 calon wisudawan mengikuti pembekalan wisuda yang dilaksana...

Agenda

18
Mei
2017